Nasional

Menparekraf Ajak Sineas Daerah Ikut Program FFB , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Menparekraf Ajak Sineas Daerah Ikut Program FFB Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, padahal hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Menparekraf Ajak Sineas Daerah Ikut Program FFB ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengupayakan agar para sineas tanah air, khususnya di daerah-daerah bisa naik tingkat. Program Festival Film Bulanan (FFB) diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para sineas untuk mengasah kemampuannya.

FFB sendiri telah digelar untuk Pulau Jawa. Kini ajang tersebut dibuka bagi sineas yang ada di Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

“Khusus untuk sobat sineas yang ada di Bali, NTB, dan NTT, jangan lewatkan kesempatan ini, saatnya upgrade karya kalian dengan berkompetisi di Festival Film Bulanan. Pendaftaran dibuka sampai 12 Mei,” ujar Sandi, kepada wartawan, Senin (8/5).

Sandi menjelaskan, dengan mengikuti Festival Film Bulanan, para sineas bisa mendapatkan banyak manfaat. Karya-karya sineas lokal bisa diarahkan, difasilitasi, disediakan akses, dan diantarkan menuju industri perfilman profesional bahkan internasional. 

Selain itu, bisa berjejaring dengan komunitas film dan pegiat festival film lainnya. Film pemenang juga akan dipromosikan melalui berbagai media, baik media sosial, media nasional, media Over The Top (OTT), dan kegiatan-kegiatan offline. 

Bagi film-film terpilih nantinya juga mendapat kesempatan untuk ditayangkan di bioskop sebelum Malam Penganugerahan Festival Film Bulanan 2023. Tidak hanya itu, terbuka peluang bagi komunitas terpilih untuk mendapatkan pendanaan produksi film dari official partner yang siap mendukung Festival Film Bulanan melalui kegiatan ‘Workshop Menuju Industri Perfilman’.

“Dalam acara SIARAN ‘Sineas Tukar Pikiran’ (Selasa, 2 Mei 2023), Festival Film Bulanan mengumumkan 6 Proposal Film Terpilih dari 20 peserta yang sudah mengikuti kegiatan ‘Workshop Menuju Industri Perfilman’ Lokus 1,” kata Sandi.

Untuk film yang akan mendapat pendanaan yakni film Ajian dari Desa Sinema Kepunduhan, film Family Trip dari Brociz Entertainment, film Kalap dari Wengi Production, film Memburu Harimau dari Tangga Kolektif Production, film Pamit Ronda dari Artikulasi Performatif, dan film The Revenge dari Nomaden Film. Selain mendapat pendanaan juga akan mendapat pendampingan produksi dari FlipFlop TV, hingga penayangan secara eksklusif.

Selain membuka pendaftaran untuk Bali, NTB, NTT, Mei ini Menparekraf juga memberikan apresiasi khusus. 

“Insyaa Allah pertengahan bulan nanti 6 pemenang Festival Film Bulanan tahun 2022 akan diberangkatkan ke Marché du Film Festival de Cannes, Prancis,” ucap Sandi.

Eks Wagub DKI Jakarta itu berharap, kegiatan ini bisa jadi motivasi untuk sineas lain agar terus tumbuh, berkarya dan memajukan industri perfilman Indonesia. 

“Harapan kami ini bisa memotivasi sobat sineas untuk berpartisipasi di Festival Film Bulanan, terus menghasilkan karya yang berdampak positif bagi kemajuan industri perfilman Indonesia, membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” pungkas Sandi.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button