News

Ketua GM FKPPI Jawa Timur Minta Peneliti BRIN Menjaga Marwah Jelang Tahun Politik , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Ketua GM FKPPI Jawa Timur Minta Peneliti BRIN Menjaga Marwah Jelang Tahun Politik Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, walaupun sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Ketua GM FKPPI Jawa Timur Minta Peneliti BRIN Menjaga Marwah Jelang Tahun Politik ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Ketua Pengurus Daerah (PD) XIII Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur Ir R Agoes Soerjanto mengingatkan seluruh peneliti lembaga negara seperti BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), berhati-hati dan menjaga sikap memasuki tahun-tahun politik 2024. Peneliti BRIN harus bisa menjaga marwah sebagai lembaga penelitian negara.

Pesan itu disampaikan Agoes, menanggapi pernyataan para peneliti BRIN yang dinilai terbawa arus politik praktis dan memberikan pernyataan yang mengarah menciptakan opini di ruang publik. Seperti dengan mendukung salah satu calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres).

Sejumlah peneliti BRIN seolah gemar memberikan statemen dalam Pilpres 2024. Sejumlah nama wira-wiri menghiasi media dengan pernyataan politiknya.

Baca Juga: Gubernur Jatim Temui Para Buruh, Kawal Tujuh Poin Rekomendasi Buruh

Bahkan ada yang terang-terangan menyebut keunggulan salah satu kandidat. Di antaranya peneliti BRIN Wasisto Raharjo Jati, yang mengungkapkan, saat ini Erick Thohir menjadi figur yang dipersepsikan publik sebagai menteri dengan kinerja cemerlang.

Pernyataan itu dinilai GM FKPPI yang dikenal sebagai organisasi anak tentara tersebut, bisa menciptakan opini publik, untuk mendukung dan mengarahkan pada calon tertentu.

Selain itu, ada juga peneliti BRIN Aisah Putri Budiatri, yang menilai jika PDI Perjuangan mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden akan mengubah peta politik koalisi saat ini. Partai lain akan melihat potensi menang. 

Baca Juga: Polrestabes Makassar Amankan Provokator Hari Buruh

Hal yang sama juga disampaikan peneliti BRIN lain seperti Firman Noor dan Siti Zuhro. Para peneliti itu dianggap Agoes terlalu gemar memberikan opini politik di publik, yang bisa menciptakan dan mengarahkan pada salah satu kontestan pemilu.

Sebagai peneliti lembaga negara yang dibiayai pakai uang rakyat, menurut Agoes, peneliti BRIN harus bisa menjaga sikap dan tidak genit politik dalam memberikan paparan. Jika harus diminta memberikan pernyataan, harus netral tidak mengarah memberikan dukungan kepada salah satu calon.

”BRIN tidak seharusnya hanya fokus pada konsumsi publik dan genit secara politik dengan mengarahkan calon dalam pemilihan umum. Peneliti BRIN harus lebih pandai berselancar dalam politik demokrasi NKRI, bukan hanya untuk kepentingan calon tertentu. BRIN harus netral, jangan ikut genit politik,” ujar Agoes, Selasa (2/5).

Baca Juga: Bareskrim Sebut Tak Menutup Ada Tersangka Lain Kasus Muhammadiyah

Agoes menjelaskan, peneliti BRIN harus memahami tugas sebagai peneliti negara. BRIN memiliki tugas untuk melakukan monitoring, pengendalian, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan.

Jika mengacu pada Perpres No 78/2022 tentang BRIN yang oleh Presiden Joko Widodo ditandatangani pada 24 Agustus 2022, disebutkan pada pasal 3, BRIN bertugas membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan secara nasional yang terintegrasi.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button