727 Sertipikat PTSL Desa Purwosari Diserahkan

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Desa (Pemdes)  Purwosari, Kecamatan, Purwosari, Bojonegoro, beserta Tim Badan Pertanahan Negara (BPN) Bojonegoro  melaksanakn penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023. Kamis (28/12/2023).

Kegiatan berlangsung di Balai Desa setempat, dengan menyerahkan  sebanyak 727  penerima sertifikat tanah untuk program PTSL tahun 2023. Hal ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas tanah milik masyarakat tersebut.

“Sertifikasi program PTSL ini bertujuan untuk percepatan pemberian dalam kepastian hukum, dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat secara pasti, cepat, lancar, aman, adil dan merata, serta terbuka dan akuntabel,” kata Ketua PTSL Purwosari, Kamis (28/12/2023).

Lanjut Muhdi Supriyanto, program PTSL desa Purwosari saat ditemui media ini menyampaikan, tidak adanya sertifikat tanah bisa sangat berpotensi menjadi masalah. Menurutnya, sudah banyak kasus sengketa tanah dan sengketa lahan terjadi atas tidak adanya sertifikat tanah.

“Dengan telah dimilikinya sertifikat, maka status kepemilikan hak atas tanah menjadi jelas, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan adanya sengketa atas kepemilikan hak tanahnya,” jelas Muhdi.

Sementara itu, Kepala Desa Purwosari Umi Zumrothin,SH, kepada para awak media mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah,  para panitia yang telah bekerja keras mensukseskan kegiatan PTSL tersebut.

“Panitia telah bekerja sejak awal hingga selesainya PTSL dan tekah diserahkannya PTSL kepada 727 bidang tanah di wilayah Desa Purwosari ini,” katanya menjelaskan.

Lanjut Umi Zhumrothin, pihaknya berpesan kepada masyarakat di Desa Purwosari untuk dapat menjaga sertifikat tanah tersebut dengan baik. Hendaknya, sertipikat yang telah diserahkan itu bisa memberi manfaat dan dapat memberdayakan tanah yang telah dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan.

Tampak hadir, Camat Purwosari Yudhistira, Forkopomcam Purwosari dan undangan lainnya.

**(Yan/Red).

Bagikan

Also Read

Tags