Berburu Mustika babi Untuk Kekebalan di Sendang Pradok, Bubulan, Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO- Sendang Pradok yang berada di tengah hutan, tepatnya ada di barat Dusun Pradok, Desa/Kecamatan Bubulan, Bojonegoro, diyakini masih memiliki daya mistis yang luar biasa.

Sendang Pradok merupakan cikal bakal Dusun Pradok, yang diyakini, sendang itu dulu sebagai tempat pandai besi. Pandai besi alias empu yang aktifitasnya membuat berbagai bentuk senjata tajam seperti keris, pedang, tombak dan senjata-senjata lainnya. Jadi, nenek moyang warga Pradok adalah seorang pembuat pusaka atau yang biasa disebut empu.

“Di Lokasi Sumber air Pradok, diyakini masih banyak tersimpan senjata di Lokasi Sendang itu. Hanya saja, tidak Nampak jika dilihat secara kasat mata,” demikian disampaikan juru kunci Makam Mbah Gun, Kamis (24/12/2015).

Setiap tahun, Sendang yang berada di wilayah hutan RPH Pradok dan BKPH Pradok itu, masih di tempati perayaan sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan. Saat kegiatan itu, ada acara selamatan dan memberikan sesaji kepada arwah nenek moyang Dusun Pradok itu.

Masih menurut juru kunci Sendang Pradok itu, bahwa Sendang yang berada di utara jalan poros kecamatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bubulan ke Pal Daplang, Dusun Sambirejo, Desa Setren, Kecamatan Ngasem itu, masih banyak dikunjungi masyarakat sekitar dan warga dari berbagai daerah dan Kota-kota besar datang ke sendang itu untuk ngalap berkah.

“Sedekah bumi dilaksanakan tiap malam Jum’at Pon, usai panen padi warga Dusun Pradok, Desa Bubulan, Kecamatan Bubulan. Begitu juga, untuk ngalap berkah ke sendang itu, baiasanya juga setiap hari Jum’at Pon,” tegasnya.

“Ngalap berkah, ada bermacam-macam niat yakni, ada yang mencari penglarisan, pengen naik pangkat, pengen segera dapat jodoh dan pesugihan, serta masih banyak keinginan lainnya. Jika sudah berhasil alias sukses, mereka menyembelih kambing atau sapi di Sendang itu” ujarnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun rakyatnesia.com dari warga sekitar mengatakan, sumber air Sendang Pradok tak pernah kering. Jika musim kemarau, sendang Pradok itu diserbu oleh warga sekitar untuk mengambil air. Bahkan, banyak orang yang mengambil dengan menggukan truk.

“Sendang Pradok itu di pompa pakai mesin diesel juga tidak bisa habis dan airnya cukup jernih. Bahkan diyakini, air yang diambil dari Sendang Pradok itu sangat bening dan bisa langsung diminum. Diyakini, air Sendang Pradok itu, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit,” kata salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Ditambahkan, bagi wanita yang sedang mengalami haid, tidak boleh masuk halaman sendang apalagi mengambil air. “Jika pantangan itu dilanggar, maka mereka bisa sakit dan gak bisa disembuhkan,” tegasnya.

Menurut salah seorang paranormal terkenal Bojonegoro, Mbah Jo Jimat membenarkan jika banyak warga masyarakat yang datang ke tempat itu untuk ngalap berkah.

“Yang diburu orang di situ adalah, adanya segerombolan babi yang memiliki mustika dan bisa kebal dari senjata tajam atau peluru sekalipun. Dari segerombolan babi itu, ada 1 (satu) babi yang ghaib, akan tetapi yang lainya, babi biasa. Hanya saja, hingga saat ini, tidak ada yang bisa menaklukkan sekawanan babi itu untuk memperoleh mustikanya,” ungkap Mbah Jo Jimat yang tinggal di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro itu.

Masih menurut Mbah Jo, di Sendang itu dihuni oleh 2 (dua) orang tua, yang satu bongkok. “Ada juga harimau putih yang tugasnya menjaga kelestarian Sendang Pradok itu,” tegasnya.

Pria yang biasa mengisi acara Jimat di Radio Istana Bojonegoro itu berharap, agar warga selalu hati-hati jika lewat tempat yang diyakini bisa untuk ngalap berkah itu. “Yang saya sampaikan ini adalah hasil terawangan ghaib yang telah saya lakukan. Mengenai percaya atau tidak, itu bergantung pada diri kita masing-masing,” pungkasnya. **(Tim Misteri)

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar