Agro Wisata Di Sugihan, Solokuro, Lamongan Tawarkan Durian Montong Spesial

moch akbar fitrianto

Bagikan

Siapa nih yang suka banget menyantap Durian. Meskipun aromanya yang menyengat dan khas. Banyak orang menyukai buah dengan kulit berduri ini. Ada kabar gembira buat kamu nih gaes.

Di Sebuah Desa Di Lamongan bernama Desa Sugihan, Kec Solokuro. Terdapat sebuah agro wisata petik durian. Bukan durian kaleng – kaleng, tapi durian montong yang ditanam didaearh ini.

Berada di tengah perkebunan desa, tempat ini tergolong asri, masih banyak pepohonan yang besar dan rindang. Bising suara kendaraan besar pun nyaris tidak dijumpai di tempat ini. Justru suara sapi, kambing, ayam, kambing dan burung lah yang mendominasi di sini.

Sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa durian bisa tumbuh dengan baik di tempat yang tanahnya berwarna mewah ini. Hasil coba-coba, Zumiyah si pemilik kebun ini berhasil membudidaya durian montong dengan kualitas yang jempolan.

Semula ia hanya penasaran saja, apakah durian bisa ditanam di wilayah perkebunannya atau tidak, menyusul sebelumnya tidak pernah ada riwayat tanaman durian di tempatnya. Dari penasaran itu, dirinya memesan 50 bibit durian montong dari Majalengka, Jawa Barat pada 2013.

Berkat ketelatenan dalam mengurus sejumlah tanaman miliknya itu, Zumiyah berhasil menemukan jawaban atas pertanyaannya itu. Hanya berselang lima tahun dari sejak ia menanam, kebun dirian miliknya sudah berbuah dengan kualitas yang istimewa. Duriannya manis dan besar, bahkan ada yang sebesar helm.

Kabar kesuksesan Zumiyah pun menyebar seperti angin, warga sekitar datang berduyun-duyun ingin menyaksikan fenomena langka tersebut. Bagi warga Sugihan dan sekitarnya, melihat durian merupakan pemandangan yang jarang ditemui, apalagi durian yang masih menempel di pohon dengan ukuran yang besar.

Tak hanya warga yang kepincut dengan kabar baik ini, bahkan Bupati Lamongan, Fadeli pun turut datang ke tempat wisata ini. Pada 2018, Fedeli beserta rombongan Pemkab Lamongan bertandang, mencicipi langsung durian hasil kebun warganya.

Tak tanggung-tanggung, Fedeli yang begitu bahagia melihat kesuksesan warganya, rela merogoh kocek sebesar Rp2 juta untuk memborong durian montong berkualitas super itu. Kini, kebun durian milik Zumiyah menjadi salah satu objek agro wisata baru di Lamongan, Jawa Timur.

Bagikan

Also Read