Pemkab Bojonegoro Hadir Di Konferensi Forum Kementerian Keuangan, di Vientiane, Laos

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur, melalaui BPKAD Kabupaten Bojonegoro diundang khusus untuk menjadi salah satu pembicara (speakers) terkait dengan aplikasi keuangan Setkab Bojonegoro, di Vientiane, Laos, 7 – 9 November 2023 lalu.

Kegiatan tersebut diwakili Kabid Aset BPKAD Kabupaten Bojonegoro Andi Panca sebagai speaker. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Directorat Jendral Perimbangan Keuangan dan dari Dirjen Perbendaharaan Negara.

Adapun forum diskusi adalah pada Peningkatan kwalitas pengelolaan keuangan daerah negara negara di Asia yang disponsori oleh World Bank dan Kementrian Keuangan Lao People Democratic Republik (PDR) serta sponsor pengundang dari Korea Selatan, negara yang mengikuti dan hadir di forum tersebut berasal dari Korsel, Malaysia, RRC, Vietnam, Cambodia, Timorleste,Indonesia dan Laos.

Baca Juga  Dahsyatnya Kebakaran Pabrik Spons di Gresik Hanguskan 2 Rumah Warga

Tema utama yang menjadi pokok pembahasan dalam forum itu adalah : Making Fiscal Decentralization Work for Grouwt and Better Service Delivery.(Menjadikan desentralisasi fiskal bermamfa’at untuk pertumbuhan dan pelyanan yang lebih baik).

Serta membahas bersama sama tentang Financial Management Information System. (F-MIS). Harmonisasi Implementasi F-MIS mempunyai tujuan bersama negara negara yang hadir, untuk memperkuat adanya peningkatan pelayanan publik. Intinya sebuah keberhasilan yang signifikan dalam mendorong transfaransi, akuntabilitas dan efisiensi pengelolaan keuangan di pemerintahan daerah.

Kunci suksesnya, tidak hanya pada tekhnis semata akan tetapi juga bertumpu pada manejemen sumberdaya, pengelolaan sumberdaya manusia (Human Recources) dan pelaksanaan (Inplementasi) dan menejemen Top Down yang kuat( strongh leadership) kepemimpinan yang kuat. Tentu nya hal ini sangatlah berguna bagi seluruh institusi pengelola keuangan negara dalam peningkatan layananannya kepada masyarakat. vientiane, Laos.

Baca Juga  Dua Pemuda Mabuk di Jombang Hadang dan Rusak Bus Harapan Jaya, Warga Bereaksi

**(Bambang Arie/Red).

Bagikan

Also Read