Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi E-Kinerja Guna Tingkatkan Kompetensi ASN

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Bojonegoro mengikuti sosialisasi dan implementasi E-Kinerja Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Angling Dharma lt. II Pemkab Bojonegoro, Jumat (17/11/2023) ini sebagai upaya menyiapkan ASN yang berkompeten.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro Aan Syahbana menyampaikan kegiatan sosialisasi ini bertujuan mendukung pengelolaan kinerja ASN di instansi pemerintah. Yakni dengan menerapkan sistem informasi yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Aplikasi e-kinerja BKN ini merupakan sistem yang terintegrasi dengan SIASN BKN, dan terhubung dengan data base ASN BKN. Dimana semua layanan kepegawaian akan menjadi lebih cepat, mulai dari pengelolaan kinerja pegawai berupa penyusunan dan penilaian sasaran kinerja pegawai (SKP), layanan kenaikan pangkat, pensiun, dll.

Baca Juga  Dugaan Pemicu Kebakaran Pabrik Spons di Gresik: Bakar Sampah dan Ditinggal

Aan Syahbana menambahkan aplikasi e-kinerja BKN ini merupakan aplikasi berbasis elektronik yang mencakup berbagai tahapan dalam pengelolaan kinerja pegawai ASN. Tahapan-tahapan tersebut meliputi perencanaan kinerja, pelaksanaan, pemantauan, pembinaan, penilaian, dan tindak lanjut hasil evaluasi kinerja pegawai ASN.

Aplikasi e-kinerja ini dikembangkan untuk memudahkan aparatur dalam menginput kegiatan/pekerjaan dan membuat Laporan Kerja Harian (LKH). Di samping itu, aplikasi ini diharapkan mampu menjadi salah satu instrumen pendukung bagi pimpinan dalam mengambil keputusan terkait kinerja pegawai, unit dan satuan kerja.

Baca Juga  Bus Gunung Harta Rute Madura-Jakarta Terbakar di Tol Jomo, Barang Penumpang Ludes

Lebih lanjut, Aan menjelaskan bahwa tujuan penerapan e-kinerja untuk meningkatan kinerja organisasi dan aparatur. Hal ini menjadi salah satu instrumen dalam penataan dan penyempurnaan organisasi. “Juga sebagai alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, e-kinerja ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur dengan mengacu pada prinsip keadilan “equal job for equal pay”, mendorong terciptanya kompetisi yang sehat antar aparatur, meningkatkan kompetensi SDM dan menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kerja yang lebih tinggi. Serta merekam pekerjaan harian aparatur sesuai dengan jabatan dan beban kerja.

Baca Juga  Truk Muat Mi Instan Terbakar di Bojonegoro, Api Muncul di Jok Kemudi

“Diharapkan dengan adanya sosialisai aplikasi ini, seluruh ASN dapat memahami cara penggunaan aplikasi e-kinerja dengan baik,” harapnya.

Selanjutnya, dari hasil sosialisasi dan implementasi e-kinerja BKN ini, diharapkan ASN dapat menyusun sasaran kinerja pegawai (SKP) 2023 dan mendapatkan penilaian kinerja individunya pada akhir Januari 2024. Guna kenaikan pangkat dan pengembangan karier ASN yang bersangkutan, pungkas Aan Syahbana.

**(Sumber: Kominfo Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read