5 Rekomendasi Novel Seru dan Best Seller Karya Tere Liye

moch akbar fitrianto

Bagikan

Anda yang gemar membaca novel tentu tak asing lagi dengan nama Tere Liye. Penulis novel yang satu ini memanglah terkenal. Karya-karyanya yang bagus sangat memanjakan pembacanya. Tak heran, hampir semua novel yang ditulisnya masuk ke dalam jajaran novel best seller  di tanah air.

Novel Si Putih merupakan salah satu novel karya Tere Liye. Novel yang menceritakan kejadian di masa pandemi yang kita dihadapi beberapa waktu yang lalu sangatlah menarik. Tere Liye sukses membuat pembacanya merasakan apa yang terjadi pada tokoh-tokohnya di dalam novel ini di selama keadaan pandemi korona.

Jika Anda sedang mencari novel-novel Tere Liye, berikut ini ada 5 di antaranya yang masuk ke dalam novel best seller beliau.

Novel Seru dan Best Seller Karya Tere Liye

1. Tentang Kamu

Rekomendasi Novel Tere Liye yang pertama berjudul Tentang Kamu. Novel yang satu ini launching di bulan Oktober tahun 2016, yang diterbitkan oleh Penerbit Republika.

Novel Tentang Kamu berkisah mengenai seorang pria bernama Zaman Zulkarnaen, yang biasa dipanggil Zaman, dan berasal Indonesia. Zaman yang berusia sekitar 30 tahun merupakan lulusan Magister Hukum dari Universitas Oxford. Selain itu, Zaman juga magang di Thompson & Co. sekitar 2 tahun, di mana dalam setahun terakhir, Zaman menjadi junior associate di tempat tersebut. Nah untuk bisa naik menjadi senior associate, Zaman harus bisa menyelesaikan dulu sebuah kasus yang dianggap sangat penting.

Tugas tersebut berupa kasus harta waris dari seorang konglomerat wanita yang berkebangsaan Inggris. Kasusnya sangat membingungkan Zaman, sebab sang konglomerat tidak meninggalkan sedikitpun surat wasiat. Dan yang paling membuat Zaman kaget, sang konglomerat ternyata berasal dari Indonesia, namanya Sri Ningsih.

Novel Tentang Kamu penuh dengan kehidupan Sri Ningsih yang berliku-liku. Jika dibagi menjadi juz, hidup sang konglomerat ini terbagi menjadi 5 juz. Yakni juz kesabaran, juz persahabatan, juz keteguhan hati, juz cinta, dan juz perasaan sakit.

2. Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Novel kedua yang menjadi rekomendasi dari karya Tere Liye adalah Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Novel ini pun masuk jajaran Best Seller. Sebuah novel yang terbit di tahun 2009. Tak cukup sampai di situ, novel ini juga sudah diangkat ke layar lebar di tahun 2019. Judulnya sama, Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

Novel ini juga bertemakan kehidupan lengkap dengan segala problematikanya. Rembulan Tenggelam di Wajahmu berkisah tentang seorang anak yang bernama Ray. Problematikanya berawal dari 5 pertanyaan yang ada di dalam benaknya.

Semua dimulai dari dia yang tinggal di panti asuhan dan diperlakukan semena-mena oleh penjaga panti; kemudian pergi dari panti; dan lalu terjerumus menjadi penjudi; menjadi pengamen jalanan; menjadi buruh dan mandor; menikah dengan perempuan yatim piatu; hingga ditinggal anak dan istrinya. Akhirnya, di penghujung usianya, Ray mendapat jawaban terkait semua pertanyaan yang selama hidupnya bergelayut di dalam benaknya.

3. Serial Bumi

Rekomendasi novel lainnya dari karya Tere Liye berupa novel berseri. Yakni Serial Bumi yang bercerita petualangan fantasi yang terjadi di dunia paralel. Sama seperti novel-novel Tere Liye yang lainnya, Serial Bumi juga masuk jajaran novel Best Seller di tanah air.

Serial Bumi terdiri atas 11 buku. Ada buku Bumi (2014), buku Bulan (2015), buku Matahari (2016), buku Bintang (2017), buku Ceroz dan Batozar (2018), buku Komet (2018), buku Komet Minor (2019), buku Selena (2020), buku Nebula (2020), buku Si Putih (2020), dan buku Lumpu (2020).

Novel serial Bumi berkisah mengenai perjalanan Raib, Ali, dan juga Seli di dunia paralel. Dimulai dari Raib yang  memiliki kemampuan menghilang serta menghilangkan benda hingga lika-liku perjalanan Raib dan tokoh-tokoh lainnya yang ada di Serial Bumi ini.

Untuk yang gemar novel genre fantasi, Anda harus membaca ke-11 buku dari novel Serial Bumi.

4. Hujan

Novel Hujan yang ditulis Tere Liye ini juga merupakan buku Best Seller. Sebuah buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama di bulan Januari di tahun 2016. Novel ini berkisah mengenai lika-liku perjalanan hidup Esok dan Lail, serta Maryam di tahun 2042, tepat sesudah gunung yang ada di dalam cerita tersebut meletus. Di sana diceritakan bahwa saat itu hanya 10% saja populasi manusia yang hidup. Cuaca dan iklimnya juga sangatlah kacau.

Ya benar, novel Hujan ini, merupakan novel bergenre science fiction (sci-fi). Sebuah masa ketika masa depan sudah canggih teknologinya. Namun tetap, sekalipun dunia sudah sangat maju, perasaan cinta, perasaan senang, perasaan rindu, perasaan sedih, dan berbagai perasaan lainnya tetaplah hadir.

5. Negeri Para Bedebah

Rekomendasi novel terakhir karya Tere Liye yang ada di tulisan ini berjudul Negeri Para Bedebah. Sebuah novel realistis yang isinya penuh dengan sindiran kepada manusia-manusia rakus yang ada di dalam kehidupan saat ini.

Novel Negeri Para Bedebah terbit di tahun 2012, yang diterbitkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Dunia perpolitikan yang ada di negeri kita banyak dibahas di novel ini. Termasuk juga ekonomi global, berbagai manipulasi keuangan, dan lalu mafia hukum, serta berbagai hal lain yang cukup ‘mengerikan’.

Untuk novel ini sendiri, Tere Liye melakukan aneka riset serta observasi yang serius. Meskipun isinya sangat realistis, namun novel ini cukup menghibur dan menarik, sehingga banyak disukai para pembacanya.

Itu dia 5 Novel best seller karya Tere Liye. Anda bisa mendapatkannya di Blibli. Selain kelima novel tersebut ada juga novel yang lainnya. Pastinya, kesemua novel karya Tere Liye sangat menarik dan menghibur. Ayo belanja buku beliau hanya di Blibli!

Bagikan

Also Read

Tags