4 Rumah Terbakar di Desa Bareng, Sugihwaras, Kerugian Mencapai 1 Miliar Lebih

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Musibah kebakaran menimpa 4 (empat) rumah di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (25/8/2023) sekira pukul 13:30 WIB.

Kebakaran 4 unit rumah yang diduga akibat konsleting listrik itu menimpa warga Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, dengan kerugian ditaksir mencapai 1 miliar lebih.

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB dan dilaporkan ke Pos Kota Bojonegoro sekira pukul 13:54 WIB. Personil Damkarmat Pos Kota Bojonegoro tiba di Lokasi Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) sekira pukul 14.31 WIB. Kebakaran dapat dipadamkan sekira pukul 16.53 WIB.

Kebakaran berawal dari rumah milik Rismijati (68) yang beralamatkan di Dusun Krajan, RT 011, RW 004, Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras. Bangunan rumah permanen berukuran 15 x 15 Meter beserta Isinya terbakar 100 persen, dengan nilai kerugian ditaksir sebesar Rp. 400 juta.

Kebakaran selanjutnya menimpa rumah milik Panijan (67) yang juga warga Dusun Krajan, RT 011, RW 004, Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras. Bangunan rumah permanen berukuran 8 x 15 =meter beserta isinya. Juga terbakar 1 (satu) unit mobil pick up yang terbakar 10 persen. Sedangkan kerugian yang dialami Panijan senilai 250 juta.

Kebakaran juga dialami Dasmi (57) yang tinggal di Dusun Krajan, RT 011, RW 004, Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras. Bangunan rumah rermanen berukuran 15 x 20 meter beserta Isinya itu terbakar 85 persen, dengan nilai kerugian ditaksir sebesar Rp. 350 juta.

Kebakaran ringan dialami oleh Agus Hermawan (34), yang beralamtkan di Dusun Krajan, RT 011, RW 004, Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras. Bangunan rumah permanen berukuran 12 x 12 meter beserta Isinya terbakar hanya 10 persen, dengan nilai kerugian ditaksir sebesar Rp. 15 juta.

Guna menangani musibah kebakaran tersebut Dinas Pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Bojonegoro menerjunkan 5 Unit, yakni 4 Unit Fire Truck dari Dinas Damkarmat Bojonegoro dan 1 Unit Water Suply dari BPBD Bojonegoro.

“Kami menerjunkan 19 Orang personil, yakni 7 personil dari Pos Kota Bojonegoro, 7 personil dari Pos Temayang, 4 personil dari Pos Kedungadem dan 1 personil dari Pos Padangan,” ungkap Kepala Dinas Damkarmat Bojonegoro Ahmad Gunawan, Jum’at (25/8/2023) malam.

Lanjut Ahmad Gunawan, beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Ditaksir kerugian mencapai Rp. 1 miliar 15 ribu dan terdapat material atau aset yang bisa terselamatkan senilai Rp. 222 juta 500 ribu.

Ditambahkan, personil Damkarmat Bojonegoro juga memberikan sosialisasi kepada pelapor dan warga setempat terkait bagaimana cara mencegah kebakaran, penanganan awal kebakaran, sosialisasi terkait tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Dinas Damkarmat Bojonegoro serta melakukan pembagian nomor Call Center.

Adapun, unsur yang terlibat dalam pemadaman, yakni, Dinas Damkarmat Bojonegoro, Koramil Sugihwaras, Polsek Sugihwaras, Camat Sugihwaras Beserta Satpol PP Kecamatan Sugihwaras, BPBD Bojonegoro, Kedes Bareng beserta perangkat desa setempat, pelapor, 4 korban dan warga sekitar.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read