22 Saksi dan 5 Saksi Ahli Diperiksa Polisi Terkait Kasus Gedung Wismilak

Sukisno

Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Polda Jatim memeriksa tiga orang saksi dalam dugaan pemalsuan akta otentik gedung Graha Wismilak di Jalan Darmo No.36-38, Surabaya. Pemeriksaan dilakukan sejak Senin pukul 09.00 di Gedung Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim.

Ketiga saksi yang diperiksa Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk Ronal Walla, Kepala BPN Kanwil Jatim dan Kepala BPN Surabaya 1 Kartono Agustiyanto. Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman mengatakan penyidik memeriksa tiga orang yaitu Kepala BPN 1 Surabaya, Kepala BPN Provinsi Jatim dan Direktur PT Wismilak Ronal Walla.

“Adapun pemeriksaan materi Katanta BPN 1 kita tanyakan terkait dengan proses penerbitan HGB nomor 648 649 yang digunakan sebagai dasar penempatan gedung Wismilak, yang dulunya disebut kantor polisi istimewa,” ujarnya di depan gedung Ditreskrimsus Polda Jatim, Jumat petang (18/8/2023).

Farman menjelaskan, untuk materi  Kanwil BPN Jatim materi terkait proses penerbitan HGB. Di mana, lanjut Farman, HGB tersebut tentunya harus didasarkan dari surat keputusan kepala kantor wilayah BPN.”Dari SK kemudian baru terbit HGB. Kita tanya prosesya apa sesuai apa belum,” ungkapnya.

Sementara dari pihak Wismilak, materi yang ditanyakan terkait jual beli kala itu. Dimana jual beli di sini antara Nyono Handoko PT Hakim Sentosa dengan Willi Walla atau PT Gelora Djaja ada dua tahapan. Tahapan pertama dilakukan melalui perikatan jual beli.

Dalam perikatan itu, sudah tertulis bahwa  pihak pertama (I) pihak Nyono Handoko pihak kedua (II) Willi Walla sudah mengetahui adanya perjanjian antara PT Hakim Sentosa dengan Polda Jatim.

“Pada intinya apabila memang itu benar aset itu milik Nyono Handoko harus dilakukan okupansi. Harus ada tanah pengganti seluas 4000 meter sudah diketahui Pak Willi Walla,” ucapnya. Ia melanjutkan di PPJB disebutkan bahwa proses pembelian akan dilaksanakan atau disempurnakan apabila perjanjian PT Hakim Sentosa dengan Polda Jatim sudah terealisasi semua.

“Namun faktanya untuk perjanjian antara PT Hakim Sentosa dengan Polda tidak terlaksana dengan sempurna. Artinya tanah pengganti, hasil penyidikan tidak pernah ada pengganti,” ungkapnya.

Dirreskrimsus Polda Jatim menegaskan, bahwa ada 22 saksi yang diperiksa. Kemudian ada 5 saksi  ahli juga sudah dimintai keterangan. Menurutnya, penyidik juga sudah melakukan namanya gelar awal dengan BPKP tentang adanya kerugian keuangan negara dalam hal ini aset Polri.

**(Sumber: Bidhumas Polda Jatim/Red).

Bagikan

Also Read