Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa Timur

PLN Pasang Baru Listrik Gratis Untuk Warga Yang Kurang Mampu

KOTA BATU (RAKYATNESIA) – Peringatan Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 kali ini terasa berbeda bagi Sopi’i (40), warga kelurahan Pesanggrahan Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur. Pasalnya, pria yang yang sehari-hari bekerja sebagai petugas kebersihan pemerintah kota Batu ini mendapatkan bantuan pasang baru listrik dari program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Baca Juga  Empat Bulan Beroperasi, KAI Commuter Layani Pengguna Lebih Dari 3,5 Juta Orang

Sebelumnya, Sopi’i harus berbagi meteran listrik dengan rumah orang tuanya karena keterbatasan biaya penyambungan baru.

Kini, setelah mendapat bantuan program Bantuan Pasang Baru Listrik dari Kementerian ESDM, Sopi’i resmi jadi pelanggan listrik PLN.

“Terima kasih Kementerian ESDM dan PLN saya mendapat bantuan sambungan listrik gratis. Sekarang saya benar-benar merasakan arti merdeka!,” ungkap Sopi’i dalam keterangan resmi yang disampaikan PLN UID Jatim, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga  Empat Bulan Beroperasi, KAI Commuter Layani Pengguna Lebih Dari 3,5 Juta Orang

BPBL diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara.

Kegiatan yang berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini akan menyasar sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur sendiri tercatat sebanyak 15.552 rumah tangga tidak mampu yang akan diberikan bantuan.

1 2Next page

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button