Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa Timur

Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter Terakhir

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyambut kedatangan jamaah haji kloter SUB-38 atau kloter terakhir, yang tiba di Asrama Haji Surabaya pada Sabtu (13/8/2022). Para jamaah haji tersebut tiba di Surabaya menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5042. 

Kepada 224 jamaah haji yang baru tiba tersebut, Gubernur Khofifah meminta untuk mengibarkan bendera merah putih di masing-masing rumah jamaah. 

Menurutunya, pembagian bendera merah putih ini adalah bagian dari gerakan nasional berbagi 10 juta bendera. Selain itu, pembagian bendera merah putih kepada jamaah haji adalah bentuk penguatan dalam membangun nasionalisme dan religius.

Baca Juga  Bupati Lamongan: Kades Sebagai Aktor Pemerintahan Modern

Ia pun berharap semua elemen pun melakukan hal yang sana dari mulai kepala desa, lurah, hingga kepala daerah dan masyarakat umum.

“Kita berbagi bendera merah putih, dan kepada ketua kloter yang secara simbolis menerima, Saya berpesan supaya dikibarkan di kediaman masing-masing,” Kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah juga menyampaikan, bahwa jamaah haji yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya berjumlah 16.835 orang. Sedangkan yang telah kembali pulang ke tanah air melalui 38 kloter tercatat sebanyak 16.809 orang jemaah haji.

Lebih lanjut, dijelaskannya, dari jumlah jamaah tersebut 23 jamaah haji embarkasi Surabaya telah wafat saat menjalankan ibadah haji di tanah suci, dan 3 orang jemaah haji saat ini tengah sakit. Ketiga jamaah yang sakit tersebut, 2 orang di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi, dan 1 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji Surabaya.

Baca Juga  Bupati Lamongan: Kades Sebagai Aktor Pemerintahan Modern

“Bagi jamaah yang wafat, kita sampaikan duka cita, innalillahiwainnailaihirojiun kita semua ikut berbela sungkawa mudah-mudahan semua dipanggil dalam keadaan khusnul khotimah dan semua dimasukkan ke dalam surganya Allah. Dan bagi yang sakit semoga segera diberikan kesembuhan oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” tuturnya.

1 2Next page

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button