Kreatifitas Tak Berbatas di HAN 2016, Bojonegoro

0 77

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Terinspirasi dari Gerakan Ayo Sekolah yang digagas oleh Bupati Bojonegoro Suyoto, membuat mereka yang kreatif mengolah menjadi beragam hal. Salah satunya adalah pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karangsono Kecamatan Dander ini menghasilkan karya yang penuh makna dan syarat akan edukasi.

Tari Ayo sekolah yang dipadukan dengan karawitan dengan mengusung lagu ajakan untuk bersekolah. Tari ini ditampilkan pada acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 32 di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Rabu (10/8/2016).

Tari yang menggambarkan kegembiraan anak-anak menyambut hari pertama sekolah ini diramu dengan sedemikian apik, meski gerakan yang sederhana khas anak-anak namun tak mengurangi keindahan tari itu. Gerakan tari ini juga memuat kegiatan belajar mengajar siswa dan guru disekolah mulai mengajarkan membaca dan berhitung, suasana istirahat anak anak yang diisi dengan bermain dan berlari.

Terakhir adalah bagaimana kegiatan menari sebagai upaya melestarikan budaya tradisional. Tari ini merupakan karya Sulistyowati guru SDN karangsono 1 Dander terinspirasi dari gerakan ayo sekolah.

Gerakan tari dengan karawitan ini digarap hanya dalam waktu 2 minggu. Ke depan kami akan
menciptakan tari membatik yang terinspirasi dari kegiatan membatik yang dilakukab oleh pengrajin batik jonegoroan.

Tak hanya tampilan dari SDN Karangsono saja yang memeriahkan hari anak kali ini, namun juga ditampilkan lagu dan tari yang dibawakan oleh siswa dan siswi SLB Bojonegoro. **(Puji/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More