Tabur Ribuan Benih Ikan Nila, Koramil 0813-19/Bubulan, Siap Perkuat Program Ketahanan Pangan

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Guna mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan (Han Pangan) nasional, khusunya di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, jajaran TNI dari Koramil 0813-19/Bubulan, laksanakan penebaran benih 1500 ikan nila, Senin (10/8/2020).

Koramil Bubulan lakukan budidaya ikan nila yang ditempatkan di lahan kosong yang berada di belakang kantor Makoramil, dengan ukuran 7×8 meter.

Kegiatan sinergi ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Corona virus disease 2019 atau Covid-19.

Danramil 0813-19/Bubulan, Kapten Inf Heri Sukiyanto, menjelaskan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk mendukung program ketahanan pangan. Pihaknya juga menggunakan sekitar kolam ikan ini untuk dimanfaatkan sebagai kebun Persit melalui program pekarangan pangan lestari. Di tenagh-tengah Pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Kami harus melakukan upaya-upaya untuk kreatif dengan cara menanami lahan kosong dengan tanaman sayuran dan buah-buahan,” ungkapnya.

Ibu-ibu Persit KCK Koramil 0813-19/Bubulan saat merawat kebun yang berada di belakang Makoramil, Senin (10/8/2020).

Kasi Perikanan Tangkap, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Yasin menuturkan bahwa Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang telah dilakukan oleh Koramil Bubulan dengan membuat tempat budidaya ikan ini.

Masih menurut Muhammad Yasin, kegiatan seperti ini akan mampu mendukung program ketahanan pangan nasional khususnya di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

“Kami dari Dinas peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro sangat mengapresiasi, sekaligus mendukung sekali kegiatan yang ada di Koramil Bubulan dengan pembuatan kolam seperti ini. Sehingga dapat mendukung penuh program yang dicanangkan oleh pemerintah ini,” tegas Muhammad Yasin, Sp dalam kata sambutanya, Senin (10/8/2020).

Pihaknya juga berharap, semua Koramil yang ada di wilayah Kodim 0813 Bojonegoro ini, dapat mencontoh seperti upaya yang dilakukan di Koramil Bubulan ini.

“Kami juga siap membantu untuk benih-benih ikannya, jika kolam-kolam ini sudah disiapkan,” pungkasnya.

Tampak hHadir dalam kegiatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Bubulan, Kepala Puskesmas Bubulan, dr. Novieyanti, Kasi Perikanan Tangkap Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, M. Yasin, Sp., Kepala KUA Bubulan, Warsito, Kepala Desa Se-Kecamatan Bubulan, serta Danposramil Sekar dan Gondang beserta anggotanya.

**(Sumber: Pendim 0813/Bojonegoro).

Bagikan

Also Read