Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa Timur

Gubernur Khofifah: Tahun Baru Hijriyah Jadikan Momentum Pemersatu Masyarakat

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Momentum tahun baru Islam 1444 Hijriyah menjadi gravitasi mempersatukan lintas budaya, agama, dan elemen di Jawa Timur.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa usai ‘Gowes Bareng Gubernur Jatim’ Memperingati 1 Muharram 1444 H di Gedung Negara Grahadi  Surabaya, Minggu (31/7/2022).

Ribuan masyarakat Kota Surabaya dan  beberapa Kabupaten Kota di Jawa Timur, antusias mengikuti Gowes yang berjarak tempuh sejauh 7 km dengan rute Jalan Gubernur suryo – Jalan Panglima sudirman – Jalan Sono kembang – Jalan Karimun jawa – Jalan Raya Gubeng – Jalan Sumatera – Jalan Stasiun gubeng – Jalan Anggrek – Jalan Kusuma bangsa – Jalan Ambengan – Jalan Ngemplak – Jalan Simpang dukuh – Jalan Gubernur suryo.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Menanda Tangani Nota Kesepahaman Dengan BPIP, Dukung Penguatan Pancasila

“Artinya bahwa gravitasi membangun persaudaraan, kebersamaan dalam momentum yang bisa kita maksimalkan, itu baik,” kata Gubernur Khofifah menegaskan.

Meskipun momentumnya adalah peringatan hari besar keagamaan umat Islam, namun ditegaskan Gubernur Khofifah, melalui gowes, bisa diikuti oleh siapapun, tanpa memandang agama dan juga asal.

“Tetapi bahwa ini adalah lintas-lintas. Jadi lintas budaya, lintas agama, lintas elemen. Artinya bahwa bangunan sebagai sebuah bangsa kita harus jaga bersama-sama,” imbuhnya.

Nuansa jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI juga ditampakkan pada momen Gowes 1 Muharram 1444 H ini. Dimana untuk memulai jalannya gowes, bendera Merah Putih dikibarkan.

1 2Next page
Klik Baca Lebih Lanjut

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button