Fakta Dibalik Pengambil Alihan Satwa Di Waduk Gondang, Lamongan

moch akbar fitrianto

Bagikan

Berita Lamongan – Ramai Dibicarakan pengambilan hewan atau koleksi satwa yang ada di Wadung Gondang, Sugio, Lamongan. Pengambil alihan ini dilakukan oleh BKSDA. Hewan Yang Diambil antara lain, Buaya, Burung Unta, Kijang, Merak, Owa-owa, Landak, Ular. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan pun angkat bicara. Pengambilan satwa yang menjadi koleksi Waduk Gondang tersebut bukan saat ini atau tahun ini, melainkan sudah pada 2020 lalu.

“Kejadian pengambilan satwa koleksi oleh BKSDA itu pada 2020 lalu,” kata Siti Rubikah kepada wartawan, Senin (4/6/2022).

Dia menyebut, kabar yang beredar tidak disebutkan bahwa pengambilan satwa itu dilakukan pada 2020. Sehingga terkesan baru dilakukan tahun 2022.

Rubikah mengungkapkan, pengambilan satwa oleh BKSDA itupun bukan karena Waduk Gondang dinilai tidak layak. Melainkan karena penertiban langsung dari BKSDA. Pasalnya, semua hewan yang dilindungi harus ditangani secara khusus oleh tenaga ahli yang memiliki sertifikasi khusus dan keahlian mengenai satwa.

“Bahwa semua hewan yang dilindungi harus ditangani khusus, yang memiliki sertifikasi dan keahlian mengenai satwa,” ujarnya.

Untuk saat ini, sejumlah satwa juga masih dan tetap ada sebagai salah satu wahana dan menjadi daya tarik tersendiri di Waduk Gondang. Beberapa satwa yang hingga saat ini masih jadi koleksi Waduk Gondang tersebut. Di antaranya adalah ular, kera jawa, burung lovebird, burung dara dan ayam mutiara.

“Untuk satwa yang pada 2020 lalu diambilalih penanganannya oleh BKSDA adalah buaya, burung unta, kijang, merak, owa-owa, landak, ular, beruk, burung elang dan burung kasuari,” terangnya.

Rubikah menerangkan, Disparbud Lamongan sebagai pihak yang menaungi kawasan wisata Waduk Gondang tetap berkomitmen memperbaiki dan mempercantik kawasan Waduk Gondang. Dan akan melakukan perbaikan secara bertahap dengan menyesuaikan kebutuhan.

“Semoga ke depannya industri pariwisata di Lamongan terus pulih dan perekonomian Lamongan kembali stabil,” pungkasnya.(sumber:detik.com)

Bagikan

Also Read