Museum Lilin, Bikin Replika Anggun C Sasmi

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Museum lilin Madame Tussauds di London dan Bangkok, adalah satu-satunya museum terlengkap di dunia yang isinya patung-patung lilin tokoh-tokoh dunia. Termasuk patung lilin Bung Karno. Kini, pihak museum Madame Tussauds tengah merancang membuat patung lilin penyanyi rock Anggun Cipta Sasmi.

“Saya sendiri tidak menyangka, jika memperoleh kehormatan untuk dibuat replika dari lilin,” tutur Anggun pada para jurnalis dalam sebuah teleconference di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016).

Anggun C Sasmi adalah penyanyi Indonesia yang saat ini berkewarganegaraan Perancis. Ia lahir 29 April 1974 (42 tahun) putri dari Darto Singo, seorang seniman berdarah Jawa, dan Dien Herdina, yang masih kerabat Keraton Yogyakarta.

“Sebagai perempuan pertama Indonesia yang terpilih melengkapi koleksi patung lilin di Museum Tussauds, tentu saja saya bangga,” ujar satu anak ini.

Proses pengerjaan patung lilin dirinya, sebenarnya terjadi ketika dirinya dihubungi pihak Museum akhir tahun 2015 silam. Kemudian, dilakukan pengukuran secara rinci agar wujud patung lilinnya benar-benar sesuai ukuran aslinya. Bahkan, ujar Anggun, jumlah helai dan panjang bulu matanya pun diukur secara cermat.

Demikian juga ukuran telinga, besaran lubang hidung hingga kuku-kuku jari dan tangannya. Seluruh pengukuran dirinya memakan waktu empat jam lebih, dan dilakukan di London. Ini lantaran patung lilin yang ada di museum, memang dibuat dan dikerjakan oleh seniman lilin London.

Setelah sempurna selesai, barulah nanti di pajang dipamerkan di Bangkok. Diakui Anggun, dirinya ditawari posisi pose untuk patung dalam pose sedang berdiri, duduk atau poses yang lainnya.

“Saya pilih pose dalam posisi duduk saja. Kebetulan kondisi saat itu saya memang lelah, dan empat jam mempertahankan posisi pose tidaklah gampang,” katanya.

Posenya ini persis pose dirinya saat menjadi juri dalam ajang Asia’s Got Talent. Menjawab pertanyaan, Anggun tak tahu persis apa alasan dan pertimbangan pihak museum, memilih dirinya. Anggun mengaku tidak mempertanyakan hal itu, kecuali hanya bersyukur saja.

Untuk melengkapi kesempurnaan patung lilinnya, nantinya replika Anggun akan dibalut dengan busana rancangan Jean-Paul Gaultier dan sepatu karya Christian Louboutin. **(Tama/Kis).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar