News

Siapa Sosok Kiai Hasan Besari, Tempat Tabarukan di Film Mengharu Biru Hati Suhita , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Siapa Sosok Kiai Hasan Besari, Tempat Tabarukan di Film Mengharu Biru Hati Suhita Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, walaupun hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Siapa Sosok Kiai Hasan Besari, Tempat Tabarukan di Film Mengharu Biru Hati Suhita ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

 

Rakyatnesia.com- Film Hati Suhita tengah menjadi perbincangan di mana-mana. Sejak diputar serentak di Indonesia mulai 25 Mei lalu, banyak gedung bioskop diserbu penonton. Tidak sedikit organisasi atau komunitas yang anggotanya beramai-ramai nobar. Alur cerita film berlatar kehidupan pesantren ini berhasil membuat penonton geregetan hingga menguras air mata.

Film tersebut diadaptasi dari sebuah novel best seller karya Khilma Anis, alumnus Pesantren Tambakberas, Jombang, dan Pesantren Krapyak, Jogjakarta. Ceritanya, menyuguhkan narasi positif serta ketangguhan perempuan yang tinggal di lingkungan pesantren.

Nadya Arina yang berperan menjadi Alina Suhita digambarkan sebagai sosok perempuan kuat, tangguh, dan pantang menyerah. Dia harus menjalani perjodohan dengan Gus Birru, putra tunggal seorang pengasuh pesantren besar. Mahligai rumah tangganya bersama Gus Birru tidak mulus. Alih-alih bahagia, malah mengharu biru. Sebab, benih cinta Gus Bireu yang diperankan Omar Daniel masih terbenam kuat di perempuan lain: Ratna Rengganis.

Baca Juga: Demam Nonton Bareng Film Hati Suhita di Kota Gresik

KH Muhammad Haris Damanhuri, salah satu pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, kepada Rakyatnesia.com memberikan apresiasi terhadap Film Hati Suhita. Film itu menggambarkan pesantren masa kini dengan kehidupan keluarga sang kiai yang cenderung moderat. ‘’Yang menarik di sini adalah adanya gambaran narasi positif tentang karakter perempuan,’’ kata Gus Haris, panggilan akrabnya, Selasa (30/5).

Gus Haris menilai, film tersebut menyuguhkan menu drama yang cukup berbeda dengan film-film yang sudah ada. Sebut saja, tak ada kisah dendam, pertengkaran Rakyatnesia perempuan hingga memperebutkan seorang laki-laki, walaupun menceritakan tentang cinta segitiga. ‘’Penggambaran sosok-sosok perempuan tangguh masa kini, perempuan yang tinggal di pesantren dengan segala eksistensinya,’’ papar kiai muda yang juga memiliki darah seni itu.

Dia menambahkan, film tersebut juga penggambaran Kartini-Kartini masa kini, yang ikut berjuang dan membangun serta memajukan pesantren. ‘’Jadi, menarik, film dengan angle atau sudut pandang berbeda. Sayangnya, kok penggambaran sosok gusnya cengeng, nangisan. Ha…ha…,’’ celetuk Gus Haris yang juga dokter itu sambil tertawa.

Baca Juga: Silaturahmi ke Kantor PWNU Jatim, Ini Masukan dan Kritik Ahmad Dhani

Sementara itu, KH Abdussalam Shohib, pengasuh Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang, juga memberi apresiasi positif film produksi Starvision tersebut. Salah satu di Rakyatnesia adegan menarik yang mungkin luput dari perhatian penonton adalah tentang tabarukan. Tradisi tabaruk merupakan salah satu doa kepada Allah SWT melalui perantara lahiriah berupa jejak, tempat atau orang secara pribadi. ‘’Tabarukan itu bagian dari tawasul,’’ ungkap Gus Salam, panggilan akrabnya.

Nah, di Rakyatnesia tempat tabarukan yang dilakukan Alina Suhita saat menghadapi konflik dengan Gus Birru adalah pesarean KH Muhammad Hasan Besari atau Ki Ageng Besari, di Desa Tegalrejo, Kecamatan Jetis, Ponorogo, Jawa Timur.

Lantas, siapa Kiai Hasan Besari itu? Menurut Gus Salam, Pesantren Tegalsari itu merupakan pesantren pertama di Jawa Timur. Ki Ageng Besari merupakan seorang ulama besar yang berjasa pada bangsa dan negara di masa penjajahan Belanda. Dari sisi sejarah, beliau juga masih tersambung dengan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH M. Hasyim Asyari.

Baca Juga: NU-Muhammadiyah dan Kepemimpinan Profetik

Karena itu, pada momentum menyambut peringatan 100 Tahun atau Satu Abad NU lalu, PWNU Jatim juga menjadikan Pesantren Tegalsari itu sebagai pusat Mujahadah Kubro. ’’Nuansa perjuangan kita ambil dalam konteks kekinian. Kala itu, tema yang kita usung adalah NU Membangun Sanad Jamiyyah, Menyambung Sanad Keilmuan dan Perjuangan,’’ ungkap Gus Salam.

Mengutip Jawa Pos Radar Madiun, dari Pesantren Tegalrejo itu melahirkan beberapa tokoh besar. Termasuk Pangeran Diponegoro dan Hadratusyaikh KH Hasyim Asyari. Dari garis keturunan Kiai Ageng Besari pula kelak lahir sosok Sultan Kartasura, yakni Pakubuwono II, Begawan Kasultanan Kartasura Raden Ngabehi Ronggowarsito, dan tokoh pergerakan kemerdekaan HOS Tjokroaminoto.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button