Nasional

Dua Tahun Absen, HUT Tagana Dirayakan Meriah , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Dua Tahun Absen, HUT Tagana Dirayakan Meriah Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, sedangkan sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Dua Tahun Absen, HUT Tagana Dirayakan Meriah ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

 

Rakyatnesia.com – Setelah dua tahun absen, hari ulang tahun (HUT) Taruna Siaga Bencana (Tagana) akhirnya digelar kembali. Diselenggarakan di Dharmasraya, Sumatera Barat, Minggu (29/5) malam, acara HUT ke 19 Tagana berlangsung meriah. 

 

Acara dihadiri ratusan Tagana perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota di Indonesia. Turut hadir pula anggota Komisi VIII DPR RI hingga Gubernur Sumatera Barat. 

 

Acara diawali dengan upacara Santiaji yang dipimpin langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Dalam sambutannya, Risma menyampaikan rasa terima kasih atas dedikasi dan kerja keras para Tagana. Menurutnya, Tagana selalu hadir ketika ada anak bangsa yang mengalami bencana atau kesedihan. Mereka selalu hadir meski kadang tanpa komando. 

 

Dia pun ingat betul saat penanganan bencana gempa bumi Padang. Tahana gerak cepat membantu masyarakat yang tertimla musibah. Lebih dari 2 ribu tenda dapat didirikan oleh Tagana dalam kurun waktu empat jam. 

 

 

Bukan cuma itu, para Tagana tak segan berbagi bahkan mendahulukan kepentingan korban ketimbang diri sendiri. Mereka merelakan tidur tanpa alas karena diberikan pada para korban bencana. Bukan hanya itu, mereka juga harus rela berpisah dengan keluarga ketika sedang bertugas. 

 

“Karenanya di hari ulang tahun ke 19 ini, saya mengicapkan terima kasih sebesar-besarnya pada seluruh Tagana, baik yang hadir di Dharmasraya maupun seluruh Indonesia,” ungkap Risma. 

 

Tak hanya saat terjadi bencana, lanjut dia, Tagana juga turut mengajarkan  terkait mitigasi bencana. Mulai dari mengajarkan upaya mitigasi di sekolah hingga membangun fasilitas untuk mitigasinya. 

 

“Lebih dari 173 unit jembatan gantung untuk mitigasi bencana telah mereka bangun,” tuturnya. 

 

 

Risma menegaskan bahwa Tagana dan Bangsa Indonesia itu satu. Di mana, isinya adalah kegigihan. Mantan Wali Kota Surabaya itu meminta agar para Tagana terus berbuat baik dan melanjutkan tugas suci mulia. Meski, tak ada iming-iming tambahan gaji. 

 

Usai upacara, Mensos secara langsung menghidupkan api unggun sebagai simbol semangat membara. Setelahnya, para Tagana kompak bernyanyi lagu ulang tahun. Sontak semua Tagana berkumpul ke depan untuk menari. Risma bahkan terlihat ikut serta mengelilingi api unggun bersama dengan para Tagana lain.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button