Nasional

Ingin Kekuatan Militer Laut Indonesia Diperkuat, Megawati: Jangan Dibilang Saya Benci Angkatan Darat, Lho! , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Ingin Kekuatan Militer Laut Indonesia Diperkuat, Megawati: Jangan Dibilang Saya Benci Angkatan Darat, Lho! Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, sedangkan sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Ingin Kekuatan Militer Laut Indonesia Diperkuat, Megawati: Jangan Dibilang Saya Benci Angkatan Darat, Lho! ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menilai perlu adanya penguatan pertahanan laut. Sebab, Indonesia adalah negara maritim.

 

Hal itu disampaikan Megawati saat mengisi sambutan dalam acara peluncuran 58 buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5).

 

 

“Kita itu negara kelautan. Tiga matra (TNI) itu darat, laut, dan udara itu harus berpikir realistis-objektif, saya sering lihati ini apa maunya,” kata Megawati.

 

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengungkapkan, pernah berdiskusi dengan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Diskusi itu mengenai konsep pertahanan apabila negara diserang.

 

 

“Pak, kalau kita umpamanya mau ada serangan belum masuk itu entah itu kapal laut, pesawat, yang maju dulu siapa? Memangnya angkatan darat? Nggaklah. Jangan saya dibilang benci angkatan darat, ini saya ngomong benar, lho, realistis, objektif,” jelasnya.

 

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu mengaku sudah, menyampaikan isu ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apalagi Indonesia mendapat predikat dari internasional sebagai The Best Archipelago. Sehingga secara geopolitik, Indonesia harus mempertahankan kedaulatan dimulai dari sisi kelautan.

 

 

“Kita ini masih suka egosentris,” ucap Megawati.

 

Megawati juga menyampaikan bagaimana cikal bakal TNI didirikan. Para tokoh TNI pendahulu seperti Rakyatnesia lain Jenderal Gatot Soebroto dan Jenderal Sudirman begitu susah payah mendirikan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

 

“Bukan saya belain AU, AL, atau apa. Lihat geopolitik bahwa kalau ada serangan, so what (apa langkah yang harus dilakukan untuk) mengantisipasinya,” kata Megawati.

 

 

Ketua Umum PDI Perjuangan itu juga kurang sepakat apabila ada satuan yang diperbanyak di Kodam. Sebab, Megawati memandang pengadaan satuan tidak memiliki peran berarti dalam geopolitik pertahanan Indonesia.

 

“Ini tak ada peran, kedua apakah kita mau perang. Jadi, gimana cara menghindari perang, tetap angkatan harus bagus, polisinya, jangan mau-maunya sendiri memperkaya diri,” tandas Megawati.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button