Nasional

Tidak Berpotensi Tsunami, Nias Selatan Diguncang gempa bumi , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Tidak Berpotensi Tsunami, Nias Selatan Diguncang gempa bumi Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, sedangkan sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Tidak Berpotensi Tsunami, Nias Selatan Diguncang gempa bumi ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

 

Rakyatnesia.com – Terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada Kamis (11/5), pukul 21.35 WIB.

Menurut hasil analisis BMKG, gempa bumi tektonik tersebut memiliki episenter terletak pada koordinat 1,12° LU: 96,86° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 Km arah Barat Daya Nias Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 KM dan tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Pusat gempa bumi Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono menyebutkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” ujar Daryono dalam keterangannya, Kamis (11/5), malam.

Dampak dari gempa bumi yang mengguncang Nias Selatan dirasakan di Gunung Sitoli dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ujarnya.

Terjadi gempa bumi susulan pada pukul 22.05 WIB. Meskipun begitu, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta menghindari dari bangunan yang retak atau hancur diakibatkan oleh gempa bumi. 

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa bumi, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button