Rapid Test Massa Di Lakukan PD Pasar Lamongan

20

Rakyatnesia.com – Persebaran Virus Corona Atau Covid-19 di Lamongan semakin parah, hal ini membuat Gugus tugas percepatan penanganan covid-10 Lamongan terus mencari solusi untuk mengurangi infeksi virus ini.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah melakukan rapid test di PD Pasar Lamongan, selama 3 hari berturut – turut. “Tes untuk penghuni pasar kami laksanakan mulai hari ini. Insya Allah sampai hari Kamis,” kata Direktur PD Pasar Lamongan, Hartono

Pihaknya menyadari, pasar tempat berkumpulnya banyak orang bertransaksi jual beli untuk kebutuhan bahan pokok. Ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sekaligus mencegah munculnya pasien positif dari klaster baru.

Selama ini, pihaknya sudah menerapkan sesuai protokol yang telah diatur pemerintah dengan memasang bilik sterilisasi.

“Kami juga sediakan tempat cuci tangan dengan sabun, ” katanya.

Saatnya sekarang melaksanakan tes menggunakan alat canggih dari Korea Selatan, Afias 6.

“Hari ini dilaksanakan di Pasar Ikan Lamongan dan Pasar Babat. Dengan sasaran 50 orang sampai 100 orang, tergantung kondisi,” ungkap Hartono.

Jauh hari sebelum rapid tes, ujar Hartono, setiap hari semua unit pelaksana teknis (UPT) Pasar melakukan sosialisai dan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan dengan mengingatkan pedagang dan pembeli untuk wajib pakai masker.

Jika tidak dipatuhi oleh penghuni pasar maupun pengunjung, pihaknya langsung menegur dengan cara yang tidak menyinggung perasaan.

“Penyemprotan cairan disinfektan di seluruh pasar yang ada di Lamongan rutin dilakukan usai pasar tutup, “katanya.

Menurut Hartono, jika nanti ditemukan ada yang terpapar positif, dipastikan pihaknya akan mengambil langkah yang dilakukan oleh gugus tugas sesuai protokol kesehatan.

“Jika ada yang positif maka akan ditindak lanjuti dgn isolasi dan dilakukan swab, ” ungkapnya.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan, Yuhronur Efendi menjelaskan, gugus tugas dan Pemerintah Kabupaten Lamongan serius melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satu strateginya adalah melakukan penelusuran dengan rapid test besar-besaran di semua lapisan masyarakat yang memiliki potensi tertular.

“Gugus tugas, maupun Pemkab Lamongan sangat serius melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan tes massal dengan Afias 6,” kata Yuhronur.

Sementara itu, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, saat ini juga sedang melaksanakan rapid test kepada para penghuni TPI. Sampai berita ini dikirim, belum ada informasi data hasil rapid test di sejumlah pasar dan TPI.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More