Nasional

Hari Pertama UTBK SNBT tanpa Kendala , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Hari Pertama UTBK SNBT tanpa Kendala Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, meski hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Hari Pertama UTBK SNBT tanpa Kendala ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer seleksi nasional berdasarkan tes (UTBK SNBT) 2023 dimulai kemarin (8/5). Pada gelombang pertama ini, menurut Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Mochamad Ashari, tidak ada kendala serius.

Ashari mengungkapkan, UTBK SNBT dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni 8–14 Mei 2023 dan 22–28 Mei 2023. Pada setiap gelombang, sesi tes dilaksanakan dua kali, pagi dan siang.

Tahun ini tercatat 803.853 orang yang mengikuti UTBK SNBT. Sebagian besar akan mengikuti pada gelombang pertama, yakni 588.519 orang. Sisanya, 215.334 peserta, akan mengikuti pada gelombang kedua. ”Tidak rata dibagi 50 persen untuk masing-masing gelombang. Gelombang pertama lebih banyak,” katanya dalam temu media setelah meninjau pelaksanaan UTBK SNBT di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Artinya, nanti tidak seluruh pusat UTBK digunakan kembali pada tes gelombang kedua. Dari 74 PTN pusat UTBK, hanya 46 PTN yang bakal menggelar tes UTBK gelombang kedua.

Pada gelombang pertama, Universitas Indonesia (UI) diketahui sebagai pusat UTBK yang paling banyak pesertanya. Ada 53.293 pendaftar yang mengikuti tes di UI. Disusul Universitas Sumatera Utara (USU) 38.260 peserta dan Universitas Sebelas Maret (UNS) 30.013 peserta.

Baca Juga: Puluhan Ribu Siswa SMA-SMK di Jatim Ikut Tryout UTBK SNBT

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu menjelaskan, secara umum, pelaksanaan UTBK tahun ini tidak berbeda dengan tahun lalu. Tes dilaksanakan menggunakan komputer dan hanya boleh sekali diikuti. Perbedaan mendasar hanya terdapat pada materi soal yang diujikan.

Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Tjitjik Sri Tjahjandarie menyampaikan, pelaksanaan UTBK SNBT berjalan baik meski sistem tes yang dilakukan baru. Mengingat, materi ujian yang diberikan pun baru.

Sementara itu, dalam pelaksanaan UTBK di sejumlah PTN di Surabaya pada hari pertama, terdapat beberapa peserta yang tidak hadir. Di Universitas Airlangga, dilaporkan 68 peserta tidak hadir. ”Yang tidak hadir 68 peserta atau sekitar 2,67 persen,” kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih. Peserta yang tidak hadir tersebut secara otomatis gugur UTBK SNBT.

Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), hasil sidak sesi pertama UTBK ditemukan tiga peserta yang tidak hadir. ”Mereka tidak hadir belum diketahui alasannya. Yang pasti, mereka akan dilaporkan dan tentu langsung gugur SNBT,” terang Wakil Rektor I ITS Prof Adi Soeprijanto.

Sementara itu, Koordinator TIK UTBK SNBT Unesa I Gusti Lanang Putra Eka Prismana mengatakan, pada hari pertama UTBK, terdapat 78 peserta yang tidak hadir. (mia/wan/ayu/ann/c19/fal)

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button