Nasional

Subsidi Mobil Listrik Dikritik, Luhut: Itu Saya Dorong Habis-habisan hingga Berkelahi dengan Kemenkeu , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Subsidi Mobil Listrik Dikritik, Luhut: Itu Saya Dorong Habis-habisan hingga Berkelahi dengan Kemenkeu Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, padahal sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Subsidi Mobil Listrik Dikritik, Luhut: Itu Saya Dorong Habis-habisan hingga Berkelahi dengan Kemenkeu ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

 

Rakyatnesia.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan bercerita soal perjuangannya untuk mewujudkan subsidi kendaraan listrik di tanah air.

Baca Juga: Persebaya Tambah Kekuatan Lini belakang usai Amankan Yohanes Kandaimu

Menurutnya, karena mendorong terealisasinya kebijakan itu, tak jarang dirinya harus berkelahi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dalam hal ini, Luhut mempertahankan kebijakan tersebut demi menekan emisi karbon.

“Electric vehicle (EV) itu saya dorong habis-habisan. Saya kadang berkelahi dengan Kemenkeu. Mereka bilang, ‘wah ini insentif’. Ini kan carbon emission harus kita dorong, kasih insentif juga. Kita harus secepat mungkin membuang bus, sepeda motor, sama mobil yang karbon emisinya tinggi,” kata Luhut saat ditemui di The Westin Jakarta, Selasa (9/5).

Luhut juga menjelaskan bahwa sebenarnya mudah bagi Indonesia untuk menerapkan kebijakan subsidi kendaraan listrik. Pasalnya, Indonesia tinggal mengikuti benchmark, yakni Vietnam dan Thailand. “Gampang kok, benchmark saja dengan Thailand atau Vietnam. Kalau Vietnam Thailand bisa kasih, masa kita gak bisa?,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, bakal Calon Presiden (capres) Anies Baswedan melemparkan kritik kepada pemerintah soal kebijakan subsidi kendaraan listrik. Menurutnya, kebijakan tersebut bukan solusi untuk menghadapi tantangan masalah lingkungan hidup.

Pernyataan itu disampaikan Anies kepada ribun pendukungnya melalui pidato politik dalam deklarasi dukungan dari Relawan Amanat Indonesia (Anies) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5).

“Kita menghadapi tantangan lingkungan hidup, itu menjadi kenyataan bagi kita. Solusi menghadapi masalah lingkungan hidup apalagi soal polusi udara bukanlah terletak di dalam subsidi untuk mobil listrik yang pemilik mobil-mobil listriknya adalah mereka-mereka yang tidak membutuhkan subsidi,” kata Anies Baswedan.

Anies juga menilai, bahwa kebijakan subsidi mobil listrik justru tidak menjadi solusi atas permasalahan lingkungan. Sebab menurutnya, emisi karbon yang dikeluarkan mobil listrik justru lebih tinggi daripada emisi karbon dari bus dengan bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, kata Anies, mobil listrik justru akan menambah kemacetan di jalan. Terlebih jika yang diperbanyak adalah mobil listrik pribadi, bukan kendaraan listrik untuk transportasi umum dan kendaraan logistik.

Baca Juga: Begini Tips Berkendara Aman dan Nnyaman di Malam Hari

“Kenapa itu bisa terjadi? Karena bisa memuat orang banyak sementara mobil memuat mobil sedikit. Ditambah lagi pengalaman kami di Jakarta bahwa kendaraan pribadi berbasis listrik, dia tidak akan mengganti mobil di garasinya, tetapi menambah mobil di jalanan menambah kemacetan di jalan,” imbuh Anies. (*)

 

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button