FeaturedPemerintahan & Politik

Kapolsek Baureno: Linmas Desa Baureno, Menurut Kami Adalah Linmas Percontohan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN)- Warga Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, telah bersiap menyambut datangnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, untuk memilih Gubernur – Wakil Gubernur Jawa timur dan memilih Bupati – Wakil Bupati Bojonegoro yang bakal dihelat 27 Juni 2018 mendatang.

Salah satu kesiapan warga Desa Baureno yang dilaksanakan adalah bentuk kesiapan keamanan dan ketertiban dalam kegiatan pesta demokrasi tersebut, yaitu dengan telah dilaksanakannya Pembinaan Satgas Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Baureno, yang digelar di Balai desa Baureno, Selasa (8/5/2018) pagi.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Baureno AKP Marjono mengatakan, bahwa Kegiatan pembinaan Satgas Linmas Desa Baureno wajib dilaksanakan guna menyambut datangnya Pilkada Bojonegoro 2018.

“Linmas dibentuk berdasarkan Permendagri nomor 84 Tahun 2012. Dimana, Linmas berada di bawah pembinaan Kepala desa sebagai Kesat linmas di desa serta memiliki sebuah tanggung jawab kamtibmas di lingkungan desanya masing-masing,” tegas Kapolsek Baureno AKP Marjono, Selasa (8/5/2018).

Tampak, latihan baris berbaris di acara Pembinaan Satgas Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Baureno, yang digelar di Gedung Serbaguna yang berada di samping Balai desa Baureno, Selasa (8/5/2018) pagi.

Dalam tugasnya, Linmas itu termasuk dalam kepanitian dalam Pilkada. Sehingga, Linmas harus netral dan tak boleh memihak pada calon manapun. Jika melanggar maka Linmas juga bisa dikenakan sangsi Pidana Pilkada dengan ancaman hingga 6 (enam) bulan penjara.

“Tugas Linmas sejak pemilih masuk ke pintu, mengamankan jalannya pencoblosan hingga pemilih pulang atau ke luar dari lokasi TPS,” ungkap AKP Marjono.

Selain itu, tugas Linmas juga mengawal pengiriman kotak suara hasil coblosan ke PPS (Panitia Pemilihan Suara) hingga ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk dilakukan penghitungan di tingkat kecamatan masing-masing.

“Saat mengirim kotak suara pastikan kotak suara telah diterima PPK dibuktikan dengan tanda terima,” tegas pria yang tinggal di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas itu.

Pilkada tidak akan bisa berjalan tanpa adanya Linmas sebab yang menjaga TPS Se-Kabupaten Bojonegoro itu adalah Linmas. 1 TPS dijaga 2 Linmas, sedangkan jumlah Polisi sangat minim, sehingga 1 Polisi bertugas menjaga 2 TPS.

“Saya tegaskan, Pilkada tanpa Linmas tak akan bisa berlangsung dengan baik. Keberadaan Linmas Desa Baureno cukup bagus sehingga penilaian kami bahwa Linmas Desa Baureno adalah Linmas Percontohan,” katanya serius.

Linmas Baureno tingkat kehadiran dalam kegiatan cukup tinggi sebab dari 32 anggota yang hadir 30 dan yang absen hanya 2 anggota. Seragamnya bagus dan baru serta berlatihnya semangat dan cepat tanggap.

Namun demikian, sukses Pilkada juga merupakan tanggung jawab kita bersama. Bagi masyarakat untuk memperoleh pimpinan yang sesuai dengan harapan bersama, gunakan hak pilih anda dengan datang ke TPS besok tanggal 27 Juni 2018.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Baureno Mokhammad Hariyanto, Danramil Baureno Kapten Andi S yang diwakili Solikin. Hadir pula Kasi Trantib Kecamatan Baureno Sudjono, para anggota Polsek Baureno, serta undangan lainnya.

**(Kis/Red)

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button