News

Baharkam Polri Selidiki Kelayakan Kapal Evelyn Calisca 01 , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Baharkam Polri Selidiki Kelayakan Kapal Evelyn Calisca 01 Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, sedangkan sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Baharkam Polri Selidiki Kelayakan Kapal Evelyn Calisca 01 ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Direktorat Polisi Perairan Korps Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan (Ditpolair Korpolairud Baharkam) Polri bersama Ditpolair Polda Riau akan melakukan penyelidikan kasus terbaliknya kapal cepat KM Evelyn Calisca 01, terkait kelayakan speedboat tersebut. Insiden itu terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

”Tim meluncur ke tempat dibantu Subdit Gakkum Polair Baharkam Polri sebanyak tiga orang. Di sana, akan menyelidiki terkait kelayakan kapal dan kemungkinan kelebihan kapasitas,” kata Direktur Polair Polda Riau Kombespol Wahyu Prihatmasaka seperti dilansir dari Rakyatnesia di Pekanbaru, Selasa (2/5).

Dia menjelaskan, hingga saat ini, dua orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Yakni nakhoda dan pengganti nakhoda saat terjadinya kecelakaan transportasi laut tersebut.

Baca Juga: MUI Kepri Liburkan Seluruh Staf Dampak Insiden Penembakan di Jakarta

”Diyakini ini bentuk kelalaian sehingga menjadi penyebab terbaliknya kapal itu. Saat ini kami sangkakan pada pasal 359 KUHP,” ujar Wahyu.

Sebelumnya, Syahbandar Pelabuhan turut dalam pemeriksaan, namun dipulangkan dan hanya dikenakan wajib lapor. Itu lantaran diduga tak ikut terlibat.

Namun, kata Wahyu, ke depan tidak menutup kemungkinan bertambahnya tersangka dalam perkara itu. Termasuk agen tiket hingga pemilik kapal akan turut diperiksa langsung di Tembilahan (Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hilir).

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Bali Waspada Hujan Disertai Kilat pada 1-3 Mei

”Nanti kita cek semua. Kita gelar perkara di sana, baru kita rapatkan. Kita periksa semua kemungkinan, termasuk kelengkapan alat keselamatan pun akan diselidiki,” tutur Wahyu Prihatmasaka.

Dia menambahkan petugas mengumpulkan barang bukti berupa kayu yang ditabrak kapal Evelyn Calisca 01 hingga terbalik.

”Kayu yang ditabrak hingga kemudian nyelip di baling-baling belakang kapal juga sudah kami dapatkan. Penumpang juga ada yang berdiri di atas kapal,” ujar Wahyu Prihatmasaka.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Amankan Provokator Hari Buruh

Sebelumnya Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengungkapkan, telah mengamankan nakhoda dan lima orang anak buah kapal (ABK) Evelyn Calisca 01 yang terbalik di perairan Air Tawar perbatasan Rakyatnesia Kecamatan Kateman-Pulau Burung, Kamis (27/4). Mereka yang diamankan tersebut adalah SH (nakhoda), empat ABK masing-masing BP, H, A, dan SP, serta penanggung jawab pelayaran berinisial A.

Tragedi terbaliknya kapal Evelyn Calisca 01 yang baru beroperasi selama dua bulan tersebut menyebabkan 12 orang penumpang tewas.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button