Nasional

Kepulauan Mentawai Diguncang gempa bumi Magnitudo 6,1 , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Kepulauan Mentawai Diguncang gempa bumi Magnitudo 6,1 Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, sedangkan sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Kepulauan Mentawai Diguncang gempa bumi Magnitudo 6,1 ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, terjadi gempa bumi bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (23/4) dini hari. Melalui laman resminya, BMKG mencatat, gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 04.17 WIB.

Adapun tempat gempa bumi berada di 0,94 Lintang Selatan (LS)-98,38 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 19 kilometer. Sedangkan pusat gempa bumi berada di 177 kilometer (km) Barat Laut Kepulauan Mentawai.

BMKG menginformasikan bahwa gempa bumi bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Adapun getaran gempa bumi dirasakan sampai Siberut dalam skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI), Padang dalam skala III MMI, Payakumbuh dalam skala III MMI, dan Pasaman Barat dalam skala III MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi bumi terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian seperti dikutip dari laman BMKG.

Skala I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

Baca Juga: Libur lebaran, Jumlah Penerbangan di Soetta di Atas 1.000 dalam Tiga Hari

Skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III, getaran dirasakan nyata, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala IV, gempa bumi dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai Rakyatnesia lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button