Nasional

861 Pemudik Naik Kapal Perang TNI AL, Berlabuh di Semarang dan Surabaya , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – 861 Pemudik Naik Kapal Perang TNI AL, Berlabuh di Semarang dan Surabaya Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, sedangkan hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan 861 Pemudik Naik Kapal Perang TNI AL, Berlabuh di Semarang dan Surabaya ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali melepas 861 pemudik yang pulang kampung menggunakan KRI Banjarmasin-592 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa pagi (18/4).

Ratusan pemudik itu akan diantarkan oleh kapal perang milik Angkatan Laut ke Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur. Sebagian di Rakyatnesia mereka turut membawa sepeda motor dari Jakarta.

Secara lebih terperinci, Ali menyampaikan bahwa dari 861 pemudik yang pulang kampung menggunakan KRI Banjarmasin-592, 52 diantaranya merupakan balita. Sementara jumlah sepeda motor yang dibawa oleh ratusan pemudik itu sebanyak 260 unit.

Baca Juga: Sopir Bus di Terminal Kampung Rambutan Dites Urine Secara Random

”Kami laksanakan mudik gratis ini juga dalam rangka membantu pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan. Khususnya pada pemudik yang menggunakan sepeda motor,” terang Ali.

Dengan kapal perang, para pemudik itu bisa santai sepanjang perjalanan. Mereka tidak perlu mengendarai sepeda motor dari Jakarta sampai kampung halaman.

”Motornya bisa diparkir saja dalam kapal. Sedangkan pemudiknya bisa istirahat,” ungkap dia.

Ali menyebutkan, perjalanan dari Jakarta ke Semarang butuh waktu satu hari. Sementara sampai Surabaya butuh dua hari. Jadi, pemudik yang berangkat hari ini tiba di Semarang pada 19 April dan tiba di Surabaya pada 20 April.

Dalam pelayaran tersebut, para pemudik tidak perlu khawatir dengan kebutuhan makan dan minum. TNI AL menyiapkan menu sahur dan buka puasa secara gratis. Makanan dan minuman tersebut disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Baca Juga: Ratnawati Sutedjo, dan Kegigihan Memberdayakan Kalangan Difabel

”Untuk konsumsi kami dibantu oleh Baznas,” imbuhnya. Selain Baznas program mudik gratis menggunakan kapal perang TNI AL juga dilaksanakan bersama Kementerian Perhubungan. 

Setelah mengantarkan pemudik dari Jakarta ke Semarang dan Surabaya. KRI Banjarmasin-592 akan kembali membuka pelayaran gratis untuk pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

Dalam arus balik tersebut, TNI AL memberangkatkan KRI Banjarmasin-592 dari Surabaya pada 25 April mendatang. Kemudian kapal itu akan singgah dan berlabuh di Semarang pada 26 April. Serupa perjalanan mudik, Angkatan Laut menyiapkan kebutuhan makan dan minum untuk arus balik.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button