News

Gubernur Jawa Timur Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023 , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Gubernur Jawa Timur Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023 Pencarian perihal Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, sedangkan hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Gubernur Jawa Timur Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023 ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023. Apel digelar di Halaman Makodam V Brawijaya, Surabaya, Senin (17/4).

Bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Gubernur Khofifah menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dari Jasa Raharja, Polri, dan TNI, sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat 2023.

Di hadapan seluruh pasukan apel yang terdiri atas pasukan gabungan dari Polda Jatim, TNI, dinas kesehatan, Pramuka, dan Basarnas, Gubernur Khofifah membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit yang diharapkan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

Baca Juga: Lewat Festival Ramadan di Jembatan Suroboyo, Pemkot Surabaya bersama Bank Jatim Bangkitkan Ekonomi UMKM

”Apel ini adalah bentuk pengecekan akhir kesiapan Operasi Ketupat 2023 yang sekaligus menjadi wujud nyata sinergisitas Polri bersama stakeholder Jawa Timur mengamankan mudik dan perayaan Idul Fitri. Agar mudik tahun ini aman dan berkesan,” tutur Khofifah.

Dia meminta seluruh petugas melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Selain itu, mengajak seluruh petugas mengedepankan langkah-langkah humanis, menerapkan buddy system dan mengikuti SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan Presisi sebagaimana harapan masyarakat.

Khofifah menyampaikan, seluruh petugas memastikan kelancaran dan pengamanan arus mudik maupun arus balik.  Agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Baca Juga: Bersama Bulog, Gubernur Khofifah Salurkan Cadangan Pangan Ratusan Ribu Ton Beras

”Tolong komunikasi publik diperkuat. Baik yang menggunakan media TV-radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-radio melibatkan tokoh, influencer, dan public figure,” ucap Khofifah.

Dia menegaskan, Kemenhub RI telah memperkirakan potensi peningkatan pergerakan masyarakat. Jika tahun lalu mencapai 85,5 juta orang, tahun ini diprediksi jumlahnya meningkat menjadi 123,8 juta orang atau meningkat 44,8 persen.

Dia menjelaskan, Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan. Terdiri atas TNI-Polri, kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, dinas perhubungan, dinas kesehatan, Pramuka, dan mitra Kamtibmas lain.

Baca Juga: Wali Kota Mojokerto dan Gubernur Jatim Berdoa di KRI Surabaya 591

”Seluruh, para personel tersebut akan menempati 2.787 pos pengamanan,” terang Khofifah. 

Gubernur akan melakukan pembatasan operasional angkutan barang demi kelancaran mudik Lebaran. Meski begitu, akan ada klasifikasi tertentu angkutan yang masih diizinkan beroperasi. Seperti, kendaraan pengangkut BBM, pengiriman uang, hewan ternak, pupuk, dan bapokting.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button