Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2023

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, Polres Bojonegoro  melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Ketupat Semeru 2023, yang berlangsung di halaman Mapolres Bojonegoro, di Jalan MH Thamrin 46, Bojonegoro, Jawa timur, Senin (17/4/2023).

Apel Gelar Pasukan Ops. Ketupat Semeru 2023 mengusung tema ”Mudik Aman Berkesan”. Apel dipimpin langsung oleh Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Mu’awanah dengan didampingi Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK serta Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Ketua DPRD, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Para Pejabat Utama (PJU) Polres Bojonegoro, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bojonegoro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro.

Hadir pula, Komandan Subdenpom V/2-1 Bojonegoro, Komandan Kompi 3 Yon C Pelopor Sat Brimob Polda Jatim, Kepala RS Bhayangkara Wahyu Tutuko, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapolsek jajaran dan tamu undangan lainnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan dilakukan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Semeru 2023 oleh pimpinan apel kepada perwakilan dari TNI-Polri dan instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dengan membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Dalam amanatnya disampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijrah yang bertepatan di tahun 2023 Masehi ini,” ungkapnya.

Masih dalam amanat Kapolri, bahwa menurut Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%.

Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa, “Hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”.

Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat Semeru 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023 mendatang.

Masih dalam amanatnya, Tingkatkan pula imbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan.

Disamping menjamin kamseltibcar lantas, kita juga harus menjaga situasi kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana. Khusus bagi rumah yang ditinggal mudik, imbau masyarakat agar melapor ke ketua RT/RW maupun Bhabinkamtibmas setempat dan lakukan penguatan patroli, serta aktifkan siskamling dengan menerapkan one gate system.

Diakhir membacakan amanat Kapolri, Bupati Anna selaku pimpinan apel berkenan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas kerja sama dan sinergitas dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

Setelah Apel Gelar Pasukan dilanjutkan pemeriksaan pasukan dan kendaraan bermotor (ranmor) dinas  baik kendaraan roda 2 dan roda 4.

**(Sumber: Humas Polres Bojonegoro/ red).

Bagikan

Also Read