Cara Membuat SKCK Online 2022 Untuk Daftar BUMN Untuk Luar Daerah Bisa

moch akbar fitrianto

Cara Membuat SKCK Online 2022 Untuk Daftar BUMN Untuk Luar Daerah Bisa
Bagikan

Nasional, Rakyatnesia – Cara membuat SKCK Online nampaknya sedang jadi buruan ribuan orang di Indonesia seiring dengan dibukanya lowongan kerja BUMN Di Indonesia. Kurang lebih ada 50 perusahaan plat merah yang buka loker ini. Pendaftaran lowongan pekerjaan BUMN 2022 itu dapat diakses di laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id/job. Terdapat beberapa syarat pendaftaran, salah satunya melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

yang berminat untuk melamar pekerjaan di BUMN, berikut cara permohonan SKCK secara online yang menjadi salah satu syarat pendaftara. Permohonan SKCK online ini dapat diakses melalui laman https://skck.polri.go.id/.

Melansir laman polri.go.id, SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Sebelumnya, SKCK dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Awalnya Surat tersebut hanya diberikan kepada warga atau individu yang belum atau tidak pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan atau kriminalitas.

Apa ITu SKCK

Apa itu SKCK? SKCK merupakan kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yang memiliki arti yaitu surat keterangan yang dikeluarkan kepolisian lewat fungsi Intelkam. Surat ini diterbitkan atas permohonan seorang warga Republik Indonesia. Isinya menerangkan pemohon tercatat tidak pernah tersangkut kasus kriminal atau melakukan kejahatan.

Masa berlaku SKCK yaitu enam bulan dari penerbitannya. Apabila diperlukan, pemohon SKCK dapat memperpanjang masa berlakunya. Dengan catatan, apabila masa berlakunya sudah lebih dari setahun, maka perlu dibuat SKCK yang baru.

Tata cara pembuatan SKCK yaitu dengan mendaftarkan diri melalui loket pelayanan SKCK yang ada di kantor polisi. Anda wajib membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan lalu melengkapi formulir. Sekarang pendaftaran SKCK dapat dilakukan secara online. Anda juga harus melengkapi berkas pendaftaran dengan cara mengunggahnya.

Sebelumnya, surat keterangan tersebut dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). SKKB adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dahulu, sewaktu bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan kepada orang yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya surat tersebut.

Fungsi SKCK

Setelah mengetahui apa itu SCKCK, penting bagi Anda untuk memahami fungsi SKCK. Fungsi surat keterangan ini dibedakan berdasarkan tempat penerbitannya. Berikut perbedaan surat keterangan itu berdasarkan tempat penerbitannya, yaitu:

1. Mabes Polri

Di lokasi ini melayani pengurusan SKCK untuk keperluan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, pencalonan anggota Legislatif, Eksekutif, Yudikatif, dan lembaga pemerintahan tingkat pusat, penerbitan visa, ijin tinggal tetap di luar negeri, naturalisasi kewarganegaraan, adopsi anak bagi pemohon WNA, dan melanjutkan sekolah luar negeri.

2. Polda

Di lokasi ini melayani pengurusan surat keterangan tersebut untuk keperluan melamar pekerjaan, memeroleh paspor atau visa, Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan bekerja ke luar negeri, menjadi notaris, pencalonan pejabat publik, melanjutkan sekolah, pencalonan anggota legislatif tingkat provinsi, dan pencalonan kepala daerah tingkat provinsi.

3. Polres

Di tempat ini melayani pengurusan surat keterangan tersebut untuk keperluan pencalonan anggota legislatif tingkat kabupaten/kota, melamar sebagai PNS, melamar sebagai anggota TNI/Polri, pencalonan pejabat publik, kepemilikan senjata api, melamar pekerjaan, serta pencalonan kepala daerah tingkat kabupaten/kota.

4. Polsek

Di lokasi ini melayani pengurusan SKCK untuk keperluan melamar pekerjaan, pencalonan kepala desa, pencalonan sekertaris desa, pindah alamat, dan melanjutkan sekolah.

Dokumen permohonan SKCK Online

Bagikan

Also Read