Selamat bulan puasa
Berita Jawa TimurFeatured

Forum Pers – LSM Libas, Ajak Wartawan dan LSM Bersatu, Guyub Rukun Selawase

LAMONGAN (RAKYATNESIA.COM) – Sebuah perkumpulan Wartawan dan LSM yang diberi nama Forum Pers – LSM Lintas Batas (Libas), hingga kini masih terus eksis melakukan pertemuan rutin yang dikemas dalam acara Sinau Bareng, setiap sebulan sekali.

Perkumpulan dilaksanakan dengan cara anjangsana dari rumah anggota Forum Libas yang satu ke rumah yang lainnya. Hal itu, bertujuan untuk menjalin silaturahmi sesama anggota, baik wartawan maupun LSM yang berada dalam wadah organisasi tanpa bentuk (otb) itu.

Pertemuan rutin itu, digelar setiap hari Sabtu minggu ketiga dalam setiap bulannya. Kali ini, acara sinau bareng digelar hari Sabtu (27/3/2021) siang, digelar di rumah Suedi yang akrab disapa Edi Reportase yang berada di Lingkungan Kalongan, Kelurahan Banaran, RT 003, RW 006, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa timur.

“Forum ini terbentuk atas keprihatinan para wartawan dan LSM yang sering bertemu di lapangan, akan tetapi tak mengetahui rumah temannya itu. Sehingga, jawabanya, harus ada anjangsana dengan cara door to door atau dari rumah ke rumah yang dikemas dalam acara sinau bareng, yang dilaksanakan sebulan sekali itu,” ungkap Sukisno yang juga Pemred Media Siber rakyatnesia.com, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga  Satlantas Polres Bojonegoro Launching Tim Speed Mliwis Putih. Ini Tujuannya

Lanjut Lek Kis – demikian, Pemred rakyatnesia.com Sukisno, akrab disapa – tak ada paksaan harus ditempatkan di rumah siapa setiap bulannya. Tergantung kesadaran anggota, yang mau ditempati untuk acara Sinau bareng itu.

“Kita punya group Whatshapp (WA) Forum Pers – LSM Libas yang bisa dijadikan sarana berkomunikasi dan berdiskusi seputar media dan LSM. Dari situ, kita bisa belajar dan setiap bulan kita ngumpul di acara Sinau Bareng untuk membahas berbagai hal yang sedang update dan viral di sekitar kita, terutama yang ada hubungannya dengan media dan LSM,” kata Lek Kis menegaskan.

Baca Juga  500 Jukir Kota Madiun Terima Santunan dari Gubernur Jatim

Di saat sinau bareng ada iuran yang dikumpulkan dari anggota yang dimanfaatkan untuk memberikan sumbangan jika ada teman yang sakit atau keluarga teman ada yang meninggal dunia untuk uang duka cita atau untuk takziyah serta kegiatan sosial lainnya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Ditambahkan, pertemuan rutin Sinau Bareng Forum Pers – LSM Libas itu, lebih banyak dimanfaatkan untuk ngobrol-ngobrol setelah sebulan bergelut dengan rutinitas di lapangan. Di saat bertemu, yang terjadi adalah saling curhat tentang berbagai hal yang dialami di lapangan selama sebulan yang lalu itu.

Di akhir komentarnya, Lek Kis berpesan agar wartawan dan LSM bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dengan mentaati aturan dan hukum yang berlaku. Sehingga, di saat Sinau Bereng juga dijadikan ajang untuk sharing atau bertukar pikiran untuk saling mengisi sehingga dalam semua personel Forum Pers – LSM Libas, semakin matang dan bekerja lebih baik lagi.

“Kami ingin Wartawan dengan LSM ini, bisa rukun dan damai, tak perlu ada gegeran karena nggak ada perlunya kita adu otot. Makanya, Forum Pers – LSM Libas ini, mengajak Wartawan – LSM Bersatu, Guyub Rukun Selawase,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Sinau Bareng kali ini dihadiri 22 orang, baik Wartawan dan LSM, dari wilayah Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro, Jawa timur.

**(Mia/Red).

Klik Baca Lebih Lanjut

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button