Petani 3 Kecamatan di Gresik, Lakukan Panen Dini Karena Banjir Serang Sawah Mereka

moch akbar fitrianto

Bagikan

Berita Gresik – Petani 3 Kecamatan di Gresik, Lakukan Panen Dini Karena Banjir Serang Sawah Mereka, Banjir tidak hanya menyerang wilayah Lamongan dan Bojonegoro tapi juga di Kabupaten Gresik tepatnya di tiga kecamatan yakni Kec Benjeng, Cerme Dan Gresik. Hal ini menyebabkan petani yang ada di 3 Kecamatan tersebut melakuakn pemanenan Padi Lebih awal.

Akibat panen awal tersebut, petani di dua kecamatan tersebut mengalami kerugian. Pasalnya, padi yang ditanam belum waktunya dipanen karena terendam air.

Limin (60) salah satu petani asal Benjeng, Gresik menuturkan imbas genangan air yang masih menggenangi sawahnya membuat dirinya melakukan panen lebih awal.

Baca juga : Aneh Warga Kebomas Satu Ini Punya Kebiasaan Nyolong Kancut Wanita

Hal ini dilakukan jika tidak segera dipanen dikuatirkan air yang berasal dari meluapnya Kali Lamong terus meninggi. “Kami terpaksa panen lebih awal agar kerugian yang ditanggung tidak semakin membengkak,” ujarnya, Selasa (13/03/2018).

Limin menceritakan, jika tidak segera dipanen. Tanaman padi yang ditanamnya akan rusak. Sebab, batangnya membusuk, dan buahnya kosong.

“Seharusnya masa panen dilakukan pada April 2018. Tapi, dus pundi maleh lha wong ngetenniki damel nutup (bagaimana lagi ini dilakikan buat menutup biaya) produksi,” tuturnya.

Gagal panen tersebut, Limin berharap harga jual tanaman padinya membaik untuk menutup biaya pertanian yang terus meningkat.

“Harga gabah terus merosot menjadi Rp 4 ribu per kilonya padahal tanaman padi sudah terendam banjir,” pungkasnya.

Sumber:beritajatim.com

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar