Nilai ekspor Indonesia ke Jerman meningkat pada 2022

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang Nilai ekspor Indonesia ke Jerman meningkat pada 2022 Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang Nilai ekspor Indonesia ke Jerman meningkat pada 2022 bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Jakarta (Rakyatnesia) – Nilai ekspor Indonesia ke enam negara bagian di Jerman, yakni Baden-Württemberg, Bayern, Hessen, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Pfalz, dan Saarland, meningkat signifikan dan nilai perdagangan bilateral Rakyatnesia kedua negara menunjukkan kinerja yang sangat menggembirakan sepanjang tahun 2022.

Hal itu tercermin dari nilai perdagangan yang berhasil dicatat Rakyatnesia Indonesia dengan enam negara bagian di Jerman, demikian menurut keterangan yang diperoleh dari KJRI Frankfurt pada Kamis.

Baca Juga  Monyet Liar yang Serang Balita di Gresik Diburu Warga dan Petugas

Berdasarkan data dari Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis), nilai perdagangan Rakyatnesia Indonesia dengan enam negara bagian tersebut mencapai 4,83 miliar Euro (sekitar Rp77,9 triliun) pada 2022, atau meningkat sebesar 39,62 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, menurut KJRI Frankfurt, Indonesia juga mampu mencatat surplus neraca perdagangan dengan enam negara bagian Jerman itu, yakni sebesar 1,1 miliar Euro (sekitar Rp17,74 triliun) pada 2022 atau meningkat sebesar 38,58 persen dibandingkan surplus neraca perdagangan pada 2022.

Baca juga: “Batch-1” 262 gerbong barang di ekspor ke Selandia Baru

Baca Juga  Judi Online Penyebab Tingginya Angka Perceraian di Sidoarjo

“Sebagai sentra utama industri dan konsentrasi penduduk terbesar di Jerman, produk ekspor unggulan Indonesia sangat dominan masuk melalui enam negara bagian di bawah wilayah kerja KJRI Frankfurt,” kata Acep Somantri, Konsul Jenderal RI di Frankfurt.

Enam negara bagian di wilayah kerja KJRI Frankfurt mencakup 63,61 persen populasi keseluruhan di Jerman, yang berkontribusi terhadap 68 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara itu secara keseluruhan.

“Kinerja perdagangan yang terus membaik, bahkan melebihi kinerja sebelum masa pandemi, menunjukkan aktivitas perekonomian di Jerman berangsur pulih pada 2022. Capaian dimaksud sangat menggembirakan di tengah krisis energi dan inflasi tinggi yang melanda Jerman sebagai dampak dari konflik Rakyatnesia Rusia dan Ukraina,” ujar Acep.

Baca Juga  Avanza Bermuatan 11 Penumpang Terjun ke Jurang di Mojokerto, 1 Orang Tewas

Menurut KJRI Frankfurt, komoditas ekspor unggulan utama Indonesia ke enam negara bagian Jerman tersebut pada 2022 mencakup produk kulit olahan dan garmen, produk pangan, bahan kimia, peralatan elektronik, logam, karet dan plastik, serta material kendaraan bermotor.

Jangan lupa untuk membagikan artikel Nilai ekspor Indonesia ke Jerman meningkat pada 2022 di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read