Pengamat: Keberanian Erick Thohir bongkar korupsi menginspirasi, KabarJatim

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang Pengamat: Keberanian Erick Thohir bongkar korupsi menginspirasi Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang Pengamat: Keberanian Erick Thohir bongkar korupsi menginspirasi bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Surabaya (Rakyatnesia) – Pengamat Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai keberanian Menteri BUMN Erick Thohir dalam membongkar korupsi di lingkungan Kementerian BUMN menginspirasi banyak pihak.

“Menteri Erick Thohir berani membersihkan para jejaring pemburu rente di BUMN. Bahkan berbagai bentuk praktik korupsi di tubuh BUMN berani dibongkar,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, Erick Thohir sebagai sosok yang mewakili semangat antikorupsi dari masyarakat Indonesia. Terbukti menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut tidak segan dalam memberantas korupsi yang terjadi di lingkungan Kementerian BUMN.

Bambang mengungkapkan, salah satu contoh kecil adalah Erick Thohir tegas menindak pemakaian joki dalam seleksi penerimaan karyawan BUMN. Langkah kecil ini dinilai sangat memperlihatkan kepemimpinan Eks Presiden Inter Milan tersebut yang tidak pandang bulu dalam menindak berbagai kecurangan yang terjadi.

Baca juga: Jokowi: penurunan Indeks Persepsi Korupsi RI jadi evaluasi

Sebelumnya, Erick Thohir juga merupakan pemimpin yang berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi di Indonesia. Kasus korupsi yang tidak terselesaikan selama bertahun-tahun mampu diselesaikan oleh orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut.

Di antaranya adalah kasus korupsi Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia dan Waskita Beton. Ia bahkan saat ini tengah bekerja sama dengan KPK untuk menyelidiki indikasi kecurangan di sektor dana pensiun para karyawan BUMN.

Kepemimpinan yang tegas dalam menindak berbagai kecurangan seperti Erick Thohir dikatakan oleh Bambang harus ditiru oleh para pejabat di lingkungan pemerintahan Indonesia, agar praktik kecurangan dan korupsi mampu diminimalisir.

“Semoga aksi nyata tersebut bisa mengilhami para figur politik lainnya untuk juga konsisten dalam semangat antikorupsi,” kata Bambang.

 



Jangan lupa untuk membagikan artikel Pengamat: Keberanian Erick Thohir bongkar korupsi menginspirasi di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read