Aminah Cendrakasih Maknyak Belasan Tahun Buta Alasannya Yaitu Glaukoma, Obat Ini Disangka Penyebabnya

moch akbar fitrianto

Bagikan

Aminah Cendrakasih Maknyak Belasan Tahun Buta lantaran Glaukoma, Obat Ini Diduga Penyebabnya

TRIBUNNEWS.COM – Bagi generasi 90-an niscaya sering mengenal sosok perempuan bertampang bagus ini.

Bahkan akhir kiprahnya yang mumpuni selaku seorang ibu di suatu serial tayangan televisi, menghasilkan artis lawas ini memperoleh pujian di mata banyak orang.

Namun dibalik keayuan dan matanya yang indah, artis lawas ini sekarang tergolek lemah sampai tak sanggup menyewa seorang ajun rumah tangga (ART).

“Kita pembantu saja enggak punya. Keluarga sendiri (yang merawat),” kata Aminah Cendrakasih terhadap Tribun Seleb.

Tak cuma itu, perempuan yang didapuk menjadi ibu dari pemain drama Rano Karno dalam serial Si Doel ini sekarang divonis kelumpuhan dan tak sanggup menyaksikan lagi.

Kebutaan yang diderita Aminah Cendrakasih alias Aminah ‘Mak Nyak’ terjadi akhir penyakit yang diidapnya.

Seperti yang baru-baru kita pahami sebelum di angkatnya film ini kelayar lebar, keadaan pemeran Mak Nyak ini sedang memburuk.

Aminah Cendrakasih,pemeran Maknyak di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan terbaring lemah. (instagram)
Aminah Cendrakasih,pemeran Maknyak di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan terbaring lemah. (instagram) (instagram)

Sejak 11 tahun lalu, Aminah memang berjuang melawan glaukoma yang menyerang kedua matanya.

Tanda-tanda yang yang ia rasakan, pada permulaan pengelihatannya cuma buram.

Kemudian, bertahun-tahun kemudian keadaan matanya menjadi kian memburuk.

Hingga akhirnya, tepatnya 6 tahun yang lalu, mata Aminah telah tidak sanggup menyaksikan lagi.

Menurut penuturan dari keluarga Aminah ‘Mak Nyak’, dokter mendiagnosis adanya pendarahan pada mata Aminah lantaran terlalu usang memakai obat tetes mata.

Glaukoma ialah gangguan pandangan yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik yang umumnya diakibatkan lantaran adanya tekanan di dalam mata.

Sayangnya, glaukoma tidak sanggup diobati atau diperbaiki kembali.

Padahal obat tetes mata ini biasa diberikan dokter selaku salah satu cara menghemat risiko glaukoma bertambah buruk.

Aminah Cendrakasih,pemeran Maknyak di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan terbaring lemah.
Aminah Cendrakasih,pemeran Maknyak di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan terbaring lemah. (instagram)

Namun obat tetes mata dengan kandungan steroid topikal sanggup mengembangkan kemungkinan tekanan pada mata, sehingga memperparaha tanda-tanda glaukoma, menyerupai dilansir dari laman Bright Focus Foundation.

Bahkan menurut seorang dokter mata James Salz, MD, profesor klinis oftalmologi di University of Southern California di Los Angeles dan juru bicara American Academy of Ophthalmology yang dikutip GridHEALTH.id menerangkan tentang penyebab obat tetes mata sanggup sebabkan kebutaan.

Menurutnya, apabila memakai suatu produk terlalu sering atau terlampau banyak saban hari berturut-turut justru sanggup menghasilkan kemerahan dan iritasi pada mata bertambah parah akhir materi pengawet yang dikandungnya.

Hal ini akhir dampak dari obat tersebut telah menyusut dan menggunakannya tidak akan menampilkan dampak apa pun.

Untuk itu, pastikan senantiasa mengikuti isyarat pada botol dan dokter Salz menyarankan untuk mengaplikasikan obat tetes mata dengan cara kondusif menyerupai berikut:

Aminak Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di film Si Doel The Movie 2 ketika dijumpai di lokasi syuting, kawasan Ciputat, Tanggerang Selatan, Rabu (12/12/2018).
Aminak Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di film Si Doel The Movie 2 ketika dijumpai di lokasi syuting, kawasan Ciputat, Tanggerang Selatan, Rabu (12/12/2018). (Tribunnews.com/Bayu Indra Permana)

1. Mulailah dengan mencuci tangan dan jangan menjamah ujung pipet obat tetes mata dengan tangan yang kotor biar tidak membuat basil menyebar lewat pipet dan berpindah ke mata.

2. Lihatlah ke ke atas dan sedikit melotot untuk menjauhkan bulu mata dari bola mata kemudian teteskan obat tersebut di tepi mata.

3. Biarkan obat tetes mata jatuh ke mata kemudian berkediplah untuk berbagi tetes mata secara merata.

4. Pastikan ujung pipet tetes mata tidak menjamah bulu mata, kulit sekitar mata, atau bahkan bola mata biar tidak terjadi pemindahan basil apa pun.

Terlepas dari fakta bahwa obat tetes mata yang dijual bebas mengandung materi pengawet, dr Saltz menyarankan untuk tidak memakai obat tetes mata bila telah lebih dari 1 tahun sejak pertama kali dibuka.

Kemungkinan penggunaan obat tetes mata inilah yang membuat tekanan pada mata sampai sebabkan kebutaan pada mata artis lawas, Aminah Cendrakasih. (GridHEALTH.id)

Bagikan

Also Read