Diduga Bocor, Sidak Dinas ESDM bersama Satpol PP Blora, Tak Temukan Penambang Beroperasi

Sukisno

Bagikan

BLORA- Dinas energi sumber daya dan mineral (ESDM) Kabupaten Blora kembali lakukan Sidak sumur tua nyang berada di Desa Planthungan Kecamatan Blora. Dari sidak yang di lakukan itu terdapat banyak sumur tua ilegal yang diduga masih beroperasi.

Teguh Wiyono, Kabid Pertambangan dan Migas dinas ESDM Blora melalui Djati Waluasmo Kasi Pertambangan dan Migas dinas ESDM mengatakan terdapat 6 sumur ilegal yang terdapat di Desa Planthungan. Dari ke-6 sumur tersebut, empat sumur milik salah seorang bernama Purmin, satu milik orang bernama Yon, yang satu lagi belum diketahui pemiliknya.

“Sidak kali ini merupakan rangkaian dari pemanggilan para pemilik. Namun setelah di lakukn sidak ternyata ada temuan satu sumur tua lagi yang belum di ketahui pemiliknya” Kata Teguh Wiyono, Kabid Pertambangan dan Migas dinas ESDM Blora melalui Djati Waluasmo Kasi Pertambangan dan Migas dinas ESDM Rabu (20/1/2016)

Menurutnya sumur tua yang berada di dalam wilayah naungan PHE Randugunting yang kini baru masuk tahap eksplorasi dan belum produksi merupakan sumur tua ilegal. Sehingga untuk menertibkanya Dinas ESDM melakukan sidak bersama Satpol PP Kecamatan Blora Kota.

“Mereka jelas-jelas melanggar namun masih saja mereka melakukan aktifitas secara sembunyi-sembunyi dengan kita. Bisa saja mereka kita tinggal melakukan aktifitas lagi kita juga tidak tahu. Oleh karena itu kami sering lakukan sidak untuk lihat perkembanganya,” ungkapnya.

Djati menjelaskan pihaknya saat ini baru melakukan langkah pembinaan dan pengawasan sesuai respon paska pengiriman surat pemanggilan beberapa waktu lalu. Dan untuk saat ini Dinas ESDM akan melakukan pemanggilan kembali terkait masih adanya dugaan penambangan sumur tua yang beroperasi.

“Kami akan berikan surat panggilan untuk kedua kalinya. Jika mereka masih nekat beroperasi kami akan berkoordinasi dengan pihak Satpol PP dan Kepolisian untuk menutup Paksa, ” tegasnya.

Sekedar di ketahui dalam sidak kali ini Dinas ESDM bersama Satpol PP Kecataman Blora Kota tidak menemukan aktifitas para penambang. Namun sejumlah alat penambangan masih berada di Lokasi penambangan. Karena di duga bocor dalam sidak ini para penambang memilih untuk menghentikan penambangan pada sumur tua yang ada di Desa Plantungan Kecamatan Blora Kota. **(Priyo)

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar