Catatan TepiFeatured

Desa Wotan, Sumberrejo, Kini Memiliki Sanggar Boso Jowo

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Kepala Desa (Kades) Wotan, Anam Warsito sangat memperhatikan pendidikan bagi anak-anak di wilayahnya. Hal itu bisa dilihat dengan didirikannya Sanggar Boso Jowo itu.

Sanggar Boso Jowo itu, dilaksanakan setiap hari Minggu dengan mengambil tempat di Balai Desa Wotan, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

“Didirikanya Sanggar Boso Jowo di Desa Wotan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa bagi masyarakat Desa Wotan ini,” demikian dikatakan Kepala Desa Wotan Anam Warsito, Minggu (6/2/2022).

Lanjut Anam Warsito, bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) Wotan mencanangkan program sinau boso jowo itu, diselenggara setiap hari minggu atau seminggi sekali, yang digelar di balai desa setempat.

“Kegitan ini sebagai upaya untuk menigkatkan kemampuan berbahasa bagi masyarakat mulai dari kalangan anak-anak, remaja dan masyarakat umum bagi warga Wotan,” kata pria yang akrab disapa Mas Anam itu menegaskan.

Masih menurut Mas Anam, dengan mengenalkan kembali bahasa Jawa pada anak dan remaja diharapkan mereka yg selama ini sudah tdk bisa berbahasa jawa bahkan sudah meninggalkan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari bisa berbaha jawa kembali.

“Dengan belajar bahasa jawa secara otomatis kita juga bisa belajar tentang sopan santun dan tata karma Jawa. Sebab, dalam bahasa jawa terdapat ajaran tentang tata krama dan sopan santun,” ungkap pria yang sebelumnya pernah menjabat anggota DPRD Bojonegoro itu.

Ditambahkan, sebenarnya ini merupakan upaya untuk menyipakan pondasi guna membangun Wotan sebagai desa wisata. Sehingga sustu saat nanti masyarakat Wontan akan bisa  menjadi tuan rumah yang ramah, sopan dan santun saat menyambut wisatawan yang datang ke desa Wotan ini.

“Semoga program yang bagus ini berjalan lancar dan meraih sukses,” kata Mas Anam dengan nada penuh harap.

**(Kis/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button