FeaturedSosial & Budaya

Melongok Sedekah bumi di Sendang Sumber Linjik dan Sumber Tirto Agung Panguripan, di Sumberpuh, Soko, Temayang

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Desa Soko baru saja berduka atas meninggalnya Kepala desa (Kades) Soko Alex Jiantoro beberapa waktu yang lalu. Kini, pemerintah desa (Pemdes) Soko, dipegang oleh Imam Salahudin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kades, sambil menunggu ditetapkannya Pj Kades Soko dengan SK dari Pj Bupati Bojonegoro.

Kamis (23/8/2018), Dusun Sumberpuh, Desa Soko, mengadakan kegiatan bersih desa atau sedekah bumi, yang digelar di dua lokasi yakni, di Sendang Sumber Linjik dan Sumber Tirto Agung Panguripan, sehingga warga tumpah ruah mendatangi 2 lokasi tersebut.

Di 2 lokasi Sedekah bumi itu, oleh warga setempat diyakini menjadi tempat keramat sebab bisa memberikan sumber air yang berarti sumber kehidupan bagi warga yang berada di tengah hutan jati yang lokasinya ada di tenggara Ibukota Kecamatan (IKK) Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Warga berbondong-bondong mendatangi 2 lokasi sedekah bumi dengan membawa jajanan khas ala Temayang dan nasi dengan lauk serta ayam panggang. Warga juga membuat gunungan berupa hasil panen yang diarak ke lokasi sedekah bumi itu.

Selanjutnya, mereka berdo’a bersama kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberinya panen yang melimpah tahun ini dan mereka bersyukur sebab bisa hidup berdampingan penuh kerukunan dan kedamaian.

Suasana, Sedekah bumi yang digelar di Dusun Sumberpuh, Desa Soko, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Kamis (23/8/2018)

Seorang juru kunci Sendang Sumber Linjik Suroto (51) dalam kata sambutanya mengatakan bahwa sedekah bumi yang berlangsung di Dusun Sumberpuh tersebut, sudah berlangsung secara turun-temurun sejak nenek moyang mereka dan terpelihara dengan baik hingga saat ini.

“Bersyukur, warga Dusun Sumberpuh sini masih menjaga tradisi dan adat-istiadat nenek moyangnya dengan cara menggelar acara sedekah bumi di Sendang Sumber Linjik dan di Sumber air Tirto Agung Panguripan ini. Semoga, tradisi ini terus berjalan di tahun-tahun mendatang,” ungkap Suroto.

Sementara itu, Plt Sekcam Temayang Sukirno saat dimintai komentarnya mengatakan, pihaknya melihat warga di Dusun Sumberpuh sangat guyup rukun dan bergotong-royong untuk melaksanakan kegiatan sedekah bumi itu.

“Dengan kegiatan sedekah bumi, maka akan terjalin hubungan silaturahmi yang baik antara pemerintah desa dengan warga dan antar sesama warga sehingga kegiatan ini sangat positif sebab mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan warga untuk menuju bangsa Indonesia yang bersatu dalam bingkai NKRI,” tegas Plt Sekcam Temayang Sukirno, Kamis (23/8/2018).

Berdasarkan pantauan rakyatnesia.com di lapangan menyebutkan, kegiatan sedekah bumi menurut warga adalah bentuk wujud syukur terhadap Allah SWT atas diberikannya panen dan keberkahan bagi warga sehingga Dusun Sumberpuh ini, warganya memperoleh keselamatan dan dijauhkan dari bencana dan rejekinya selalu lancar dan dalam suasana hidup rukun.

**(Yus/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button