News

Presiden Jokowi Berkurban Sapi Seberat 1 Ton di Sumbar, Ini Penampakannya , Kabar Terkini

RakyatnesiaPresiden Jokowi Berkurban Sapi Seberat 1 Ton di Sumbar, Ini Penampakannya Pencarian perihal Berita Nasional di dunia online kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, padahal sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Presiden Jokowi Berkurban Sapi Seberat 1 Ton di Sumbar, Ini Penampakannya ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Presiden RI Joko Widodo berkurban satu ekor sapi jenis Limousin seberat 1 ton untuk masyarakat di Sumatera Barat dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

“Kita usulkan tiga sapi unggul untuk kurban Presiden di Sumbar. Sapi jenis Limousin Cross milik Eko Setiawan dari Padang Panjang dengan berat sekitar 1.000-1.080 kilogram yang terpilih,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Sukarli di Padang, Senin (19/6).

Sukarli mengatakan sapi yang terpilih itu sudah melewati proses pemeriksaan kesehatan dan memenuhi syarat sesuai syariat sehingga dinyatakan laik untuk kurban.

Menurutnya untuk tahun ini sapi kurban dari Presiden RI itu akan disembelih di Masjid Raya Sumbar dan dagingnya dibagikan pada masyarakat setempat. Sukarli mengatakan teknis pemotongan hewan kurban itu akan diambil alih oleh Biro Kesra Setdaprov Sumbar termasuk untuk jadwal penyembelihan.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Mendag Zulhas Klaim Stok Bapok di Kota Ambon Melimpah, Harga Stabil

Sebelumnya, Pemprov Sumbar melakukan seleksi dan mengusulkan tiga sapi unggul untuk dipilih menjadi hewan kurban dari Presiden Joko Widodo bagi masyarakat daerah itu.

Dari belasan ekor sapi yang diseleksi, terpilih tiga ekor sapi dengan ukuran besar yang diusulkan menjadi hewan kurban dari Presiden di Sumbar.

Tiga ekor sapi itu masing-masing sapi jenis Limousin Cross milik Eko Setiawan seberat 1.000-1.080 kilogram, kemudian sapi jenis simbra cross milik Armudamas, warga Kabupaten Solok dengan berat sekitar 946-1.037 kilogram. Terakhir sapi jenis simental milik Dt. Palindih yang merupakan warga Kabupaten Agam. Berat sapi itu sekitar 961-1.037 kilogram.

Pada 2022, Presiden Joko Widodo berkurban satu ekor PO lokal di Sumbar. Daging sapi PO lokal seberat 0,9 ton itu kemudian dibagikan untuk korban gempa bumi yang terjadi di Pasaman.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button