HUT Satpam Ke-36, Kapolres Bojonegoro Mengoptimalkan Peran Satpam Sebagai Mitra Polri

0 83

BOJONEGORI (Rakyat Independen)- Kepala Kepolisian Resort Bojonegoro, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wahyu S Bintoro memimpin upacara peringatan HUT Satpam (Satuan pengamanan) ke-36 di halaman depan Mapolres Bojonegoro, Jum’at (30/12/2016) Pukul 08.00 wib.

Upacara HUT Satpam tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono, Kepala Bakesbangpol Linmas Kusbiyanto, Kapolsek Jajaran, Pimpinan instansi Pemerintah dan swasta, pimpinan pengelola BUJP (badan usaha jasa pengamanan), tamu undangan, dan para peserta upacara dari Satpol-PP, Polhut, anggota Satpam, dan Linmas, serta undangan lainnya .

Peringatan ke-36 HUT Satuan Pengamanan tahun 2016 mengambil tema ”Kita tingkatkan kompetensi profesi Satpam Indonesia dengan melalui pelatihan kompetensi dalam rangka pelaksanaan tugas secara profesional, modern dan terpercaya (promoter) guna menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya”.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Bojonegoro membacakan amanat Kapolri yang menyatakan bahwa, anggota satuan pengamanan memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha, dalam hal itu Kapolri telah menetapkan kebijakan prioritasnya sebagai salah satu dari sebelas program prioritas, yaitu membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

Menurut Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro, peringatan HUT Satpam yang diakhir tahun itu diharapkan sebagai momentum refleksi akhir tahun untuk melakukan evaluasi dan introspeksi, atas kinerja yang telah dilakukan sehingga dapat dijadikan sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran Satpam sebagai mitra Polri di tahun mendatang.

Seiring bertambahnya usia Satpam, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaaan kamtibmas dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.

“Kita tidak dapat bekerja sendiri, peran serta dari semua potensi keamanan termasuk Satpam sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas sangat kita perlukan,” tutur AKBP Wahyu S Bintoro.

Peringatan Upacara HUT Satpam dilaksanakan secara serentak di polres-polres dengan maksud untuk mengetahui penggelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayahnya masing-masing, sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi kepolisian di lapangan.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba bola voli dan dilanjutkan peragaan drill beladiri senam borgol dan tongkat. **(Luh/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More