Prediksi Indonesia Vs Thailand, 29 Desember, Final AFF Cup Leg 1

moch akbar fitrianto

screenshot 267
Bagikan

Bola, RakyatnesiaPrediksi skor Indonesia vs Thailand, malam hari ini Jadwal Liga AFF 29 Desember 2021 paling akurat pasti menang 100% Jitu, pukul 19.30 WIB. Pertandingan Ini adalah Lanjutan Pertandingan AFF CUP Musim 2021/2022.

Analisis Pertandingan

Tim nasional Indonesia di pertandingan final harus extra usaha keras untuk hadapi Thailand. Sesudah mendapatkan kritikan berkaitan performa di set semi-final menantang Singapura, anak asuh Shin Tae-yong mutlak harus memperlihatkan permainan terbaik mereka saat hadapi pesaing kekal, Thailand.

Di atas kertas, team Merah Putih memang mempunyai catatan buruk menantang team Gajah Perang. Sejauh riwayat tatap muka Indonesia versus Thailand, team Merah Putih mencetak kemenangan sekitar 25 kali.

Tim Garuda cuman pernah menang 3x atas Pasukan Gajah Perang di dalam 12 pertemuan ke-2 team di Piala AFF. Kemenangan pertama Indonesia atas Thailand terjadi di pertandingan persaingan perebutan juara 3 Piala AFF 1998.

Partai final Piala AFF 2020 memang menjadi rintangan terberat yang hendak ditempuh oleh Evan Dimas dkk. Namun sama seperti yang disebutkan oleh Shin Tae-yong jika bola itu bulat, kesempatan tim nasional untuk hapus catatan jelek masa lampau masih lebar terbuka.

Partai Indonesia versus Thailand di putaran pertama set final Piala AFF 2020 diprediksikan akan berjalan dengan tekanan lumayan tinggi. Ke-2 pelatih, Shin Tae-yong dan Mano Polking akan usaha mengaplikasikan strategi yang susah dibaca faksi musuh.

Untuk Polking, selainnya ini jadi partai final pertama kalinya, partai keesokan hari jadi pertandingan pertama kalinya menantang tim nasional Indonesia. Dan Shin Tae-yong telah sekali bertemu dengan Thailand dan raih hasil imbag. Keadaan itu minimal membuat Shin Tae-yong mempunyai keunggulan membaca permainan musuh.

Di partai final ini, pelatih Mano Polking harus juga kehilangan salah satunya pemain unggulannya, penjaga gawang Chatchai Butprom. Dan Shin Tae-yong memperjelas jika sebagian besar pemainnya pada keadaan sempurna, terkecuali Pratama Arhan yang tidak dapat dimainkan karena penumpukan kartu.

“Selainnya Rian (Karunia Irianto) yang cidera enteng, dan Arhan mendapatkan penumpukan kartu, keadaan semua pemain pada kondisi baik,” kata pelatih berumur 51 tahun itu.

Statistik Indonesia Vs Thailand

  • Sepanjang sejarah pertemuan Indonesia vs Thailand, tim Merah Putih meraih kemenangan sebanyak 25 kali.
  • Sedangkan Thailand meraih 39 kemenangan dan meraih hasil imbang sebanyak 14 kali.
  • Dari 10 pertemuan terakhir, timnas Indonesia hanya mampu meraih tiga kali kemenangan.
  • Tercipta lebih dari 2 gol dari 5 pertandingan terakhir antara kedua tim.
  • Pada laga terakhir kedua tim pada 3 Juni 2021, skor 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan.
  • Kemenangan pertama Indonesia atas Thailand terjadi di laga perebutan juara 3 Piala AFF 1998.
  • Skuad Garuda hanya pernah menang 3 kali atas Pasukan Gajah Perang dalam 12 perjumpaan kedua tim di Piala AFF.
  • Pertandingan Indonesia vs Thailand akan mempertemukan Shin Tae-yong dengan Alexandré Polking
  • Ini menjadi laga perdana Mano Polking melawan timnas Indonesia.
  • Final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand menjadi laga kedua Shin Tae-yong melawan tim Gajah Perang.
  • Rekor Shin Tae-yong melawan Thailand hanya satu kali imbang.

Kondisi Pemain

Tetapi Thailand juga tidak dapat dilihat mudah, karena mereka banyak memiliki pemain senior yang di turunkan pada gelaran Piala AFF ini kali. Salah satunya misalnya yaitu Teerasil Dangda, pemain senior Thailand ini dipercaya masih mempunyai kekuatan yang sangatlah baik. Karena dalam sesi kualifikasi lalu, dia sering jadi opsi team pelatih untuk turun.

Selainnya Teerasil Dangda, Thailand masih mempunyai striker namanya Supachai Chaided dan Adisak Kraisorn yang tidak dapat dipandang mudah. Ke-2 nya sebagai penyerang haus gol saat ada di kotak 16.

Di lain sisi, team Gajah Perang masih tetap mempunyai dua pemain senior yang sekarang ini bermain di Liga Jepang, mereka ialah Chanatip Songkrasin yang bermain untuk Hokkaido Cansadole Sapporo dan Teerathon Bunmathan yang bermain untuk Yokohama Marinos.

Dua pemain ini disebutkan jadi kunci permainan dari Thailand walau Chanatip Songkrasin berposisi sebagai pemain tengah jangkar, dan Teerathon Bunmathan berposisi sebagai bek kiri.

Sementara Indonesia sendiri sekarang ini jadi team yang paling muda bertanding di Piala AFF. Dari beberapa puluh pemain yang dibawa Shin Tae-yong, 8 pemain salah satunya yang sering isi starter masih berumur di bawah 23 tahun. Mereka diantaranya ialah Asnawi Mangkualam (22), Karunia Irianto (22), Hanis Saghara (22), Pratama Arhan (20), Elkan Baggott (19), Witan Sulaiman (20), Alfeandra Dewangga (20) dan Ramai Rumakiek (20).

Ke-8 pemain muda Indonesia itu digadang-gadang jadi sandaran team Garuda saat bertanding di pertandingan final kelak. Karena, empat pemain salah satunya yaitu Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan dan Witan Sulaiman jadi pemain yang tidak terpindahkan selama ini. Sementara empat pemain bekasnya selalu dimainkan oleh Shin Tae-yong walau di tengah set ke-2 ataupun waktu set ke-2 diawali.

Secara taktik bermain, Thailand sebetulnya lebih difavoritkan karena kerap mengaplikasikan permainan yang lebih memercayakan possesion games. Kemudian mereka akan kadang-kadang masuk ke pertahanan musuh untuk cetak gol.

Di lain sisi, Indonesia sendiri selalu bermain dengan style sederhana yang memercayakan satu dua sentuhan untuk selanjutnya datang di pertahanan musuh.

Kecerdikan Witan Sulaiman di baris depan dan kewibawaan Evan Dimas di baris tengah diharap sanggup membuat laga makin terbuka. Ditambah Indonesia mempunyai Ramai Rumakiek yang kecepatannya bisa dihandalkan.

Bicara di baris belakang, Thailand mempunyai Manuel Bihr dan Philip Roler sebagai dua tower yang jaga gawang dari penjaga gawang Kawin Thamsatchanan. Dua center back itu didukung oleh bek kanan eksper Tristan Do dan Teerathon Bunmathan disebelah bek kiri.

Untuk Indonesia sendiri, Fachrudin Arianto selama ini belum terpindahkan peranannya di baris belakang. Tinggal menanti siapa pasangan yang hendak terpasang oleh Shin Tae-yong. Umumnya, di menit pertama Shin Tae-yong akan memasangkan Rizky Ridho dan Pratama Arhan disamping kiri selanjutnya Asnawi Mangkualam disebelah kanan. Nanti, set ke-2 Alfeandra Dewangga akan diambil lebih turun untuk memakai skema dengan 3 bek.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia Vs Thailand

screenshot 266

Head to Head Indonesia Vs Thailand

  1. Final Piala AFF 2000: Thailand vs Timnas Indonesia: Skor 4-1.

2. Final Piala AFF 2002: Thailand vs Timnas Indonesia (2-2) kalah dalam drama adu penalti (4-2).

3. Turnamen Merdeka 2006: Timnas Indonesia vs Thailand: 1-0

4. Semifinal Piala AFF 2008: Timnas Indonesia vs Thailand: 0-1

5. Semifinal Piala AFF 2008: Thailand vs Timnas: 2-1

6. Piala AFF 2010: Timnas Indonesia vs Thailand 1-2 (penyisihan Grup A)

7. Piala AFF 2016: Thailand vs Timnas Indonesia: 4-2 (penyisihan Grup A)

8. Piala AFF 2016: Timnas Indonesia vs Thailand: 2-1 (leg 1 Final)

9. Piala AFF 2016: Timnas Indonesia vs Thailand: 2-0 (leg 2 Final)

10. Piala AFF 2018: Thailand vs Timnas Indonesia: 4-2 (penyisihan Grup B)

11. Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia vs Thailand: 0-3

12. Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia vs Thailand: 2-2

Prediksi Skor Indonesia Vs Thailand

Rangkuman Prediksi Skor dari berbagai pakar Bola Di Indonesia

  • Timnas Indonesia Tahan Thailand (M Rizki Haerullah)

Timnas Indonesia akan menghadapi lawan kuat Thailand di final Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021). Laga final ini akan berlangsung sengit dengan kedua tim saling jual beli serangan.

Thailand akan unggul dalam penguasaan bola, sementara Indonesia akan mengancam lewat serangan balik cepat.

Saya memprediksi Timnas Indonesia akan bermain imbang 1-1 melawan Thailand di final leg pertama Piala AFF.

  • Indonesia Menang 2-0 (Surya Sumirat)

Timnas Indonesia akan memberikan kejutan pada leg pertama final Piala AFF melawan Thailand. Pada laga ini, taktik Shin Tae Yong seperti ketika melawan Vietnam, bertahan dan menarik Thailand keluar, lalu menyerang balik.

Indonesia sendiri saya perkirakan bisa memperbaiki finishing yang buruk dari laga-laga sebelumnya. Karena finishing ini juga yang akan menentukan nasib Skuad Garuda juara Piala AFF tahun ini atau tidak.

Selain finishing, Indonesia juga patut disiplin selama 90 menit. Apabila dua faktor itu terpenuhi, Indonesia bisa menang 2-0 di leg pertama final Piala AFF.

[better-ads type=’banner’ banner=’50702′ ]

  • Indonesia Imbang Lawan Thailand (Rakyatnesia)

Indonesia bakal berjumpa dengan Thailand yang merupakan negara paling sering menghancurkan mimpi Indonesia untuk juara Piala AFF.

Thailand punya koordinasi pertahanan yang rapi dan baik. Transisi bertahan ke menyerang pun terbilang mulus.

Bagikan

Also Read