Warga RTSM Desa Cancung, Terima Program Jalin Matra

0 129

BOJONEGORO (Rakyat Independen) Program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Matra) yang berasal dari APBD Kabupaten Bojonegoro 2016, dikucurkan melalui desa-desa penerima program tersebut. Salah satunya, sasaran desa penerima adalah Desa Cancung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, yang diserahkan kepada penerimanya, Selasa (27/12/2016) sekira pukul 10.00 wib.

Dalam program tersebut, untuk desa Cancung mendapatkan alokasi anggaran sebesar 30 juta dengan 12 penerima program. Untuk setiap penerima program Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) masing-masing memperoleh anggaran sebesar 2,5 juta. Dana sejumlah itu, kemudian dibelikan kambing untuk masing-masing penerima memperoleh 3 (tiga) ekor kambing.

Ketua Jalin Matra Desa Cancung, Nyaik Nur Apriani (40) kepada rakyatnesia.com mengatakan, bantuan 30 juta dari jalin matra tersebut, semua dialokasikan berupa uang, akan tetapi karena Desa Cancung sangat cocok untuk beternak sehingga dianjurkan untuk dibelikan kambing dan itu disetujui ke 12 penerima bantuan tersebut.

“Para penerima bantuan langsung menghubungi penjual kambing sendiri. Mereka memesan untuk membeli kambing senilai 2,5 juta. Dari 2,5 juta itu, penerima memperoleh kambing sebanyak 3 ekor. Dari situ, akhirnya ke-12 penerima itu mendapatkan masing-masing 3 ekor kambing, yang sudah kita serahkan bantuanya secara simbolis hari ini,” ungkap Nyaik Nur Apriani (40) yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cancung, Selasa (27/12/2016).

Masih menurut Nyaik Nur Apriani (40) menambahkan, bantuan diserahkan secara simbolis kepada Jumiati (36), RTSM yang juga seorang janda produktif penerima program Jalin Matra yang tinggal di Dusun Ledok, Desa Cancung RT 15, RW 03, Kecamatan Bubulan. Penyerahan dilaksanakan di Halaman Balai desa setempat, dengan disaksikan Kepala Desa (Kades) Cancung Pujiono, Kasi PMD Bubulan Pramuji yang mewakili Camat Bubulan M. Yasir serta para perangkat desa setempat.

Dengan kesibukan warga penerima bantuan Jalin Matra Desa Cancung tersebut, sehingga bantuan yang diwujudkan masing-masing berupa 3 ekor kambing itu akhirnya diantarkan secara gratis langsung ke rumah-rumah warga penerima bantuan dengan menggunakan pick up milik kadesnya.

Sementara itu, penerima bantuan Jumiati (36) saat dimintai komentarnya mengatakan, dia sangat senang karena mendapatkan bantuan 3 ekor kambing dari Program Jalin Matra tersebut. Apalagi, dia saat ini sedang menyandang status janda dengan 2 anak.

“Alhamdulillah mas, saya sangat senang dengan bantuan yang diberikan ini (Jalin Matra). Sehingga dapat memberikan kesibukan bagi saya dan anak saya. Jika bantuan kambing bisa berkembang, bisa untuk biaya hidup dan untuk menyekolahkan anak-anak saya,” ungkapnya.

Perlu diketahui, selain Desa Cancung, Prorma jalin Matra juga diberikan kepada warga Desa Bubulan, Desa Sumberbendo, Desa Clebung dan Ngorogunung, yang kelimanya masuk wilayah Kecamatan Bubulan, Bojonegoro. **(Kis/Agung MD).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More