Wabup Berkenan Membuka Kegiatan Workshop dan Pelatihan Souvenir Bercorak Budaya Khas Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Jika mau digali, potensi Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur ini, sangat banyak sekali. Hanya saja, perlu kecermataan dan kretifitas yang tinggi agar bisa dimanfaatkan potensi itu untuk bisa jadi peluang usaha.

Demikian, dikatakan Wakil Bupati Bojonegoro Drs H. Budi Irawanto,M.Pd, saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Workshop dan pelatihan Souvenir Bercorak budaya Khas Bojonegoro, yang berlangsung di Gedung Serba guna Jalan KH Mansyur, Bojonegoro, Selasa (24/11/2020).

Orang Nomor dua di Lingkup Pemkab Bojonegoro itu menjelaskan, bahwa sektor UMKM adalah sektor yang mampu bertahan di masa pandemic Covid-19 ini.

“Hasil survei menunjukkan bahwa di era pandemi ini yang mampu bertahan hanya pada sektor UMKM. Penawaran pasar dan permintaan masyarakat sangat penting dan berpengaruh terhadap berhasil tidaknya produk-produk UMKM lokal,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Wawan itu, serius.

Pihaknya mendukung penuh dengan kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kebudataan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro itu. Pihaknya juga berharap ada tindak lanjut setelah pelatihan dengan memikirkan dan mencarikan pasar buat para pengrajin tersebt.

“Pelatihan untuk masyatakat itu penting, namun output juga penting sehingga perlu di data agar tau output pelatihan ini ,” kata Mas Wawan menegaskan.

Ditambahkan, agar hasil pelatihan ini mampu menghasilkan krestifitas dan menciptaan lokal brand yang mampu diminati masyarakat luas.

“Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker), Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Koperasi dan Usaha mikro (Dinkop) serta Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) harus bisa  bersinergi dengan baik. Tujuanya, agar tercipta sistem yang baik sehingga pengerajin ini tak kebingungan untuk memasarkan produknya,” tandasnya.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan Workshop dan pelatihan berlangsung selama 2 hari yakni, sejak tanggal 24 hingga 25 November 2020. Peserta adalah pengrajin berasal dari 28 kecamatan di Bumi Angling Dharma ini.

Tampak, para peserta sangat antusias dan saling menyapa saat Wakil Bupati Bojonegoro berkunjung ke acara tersebut. Bahkan, mereka tak canggung untuk meminta foto selfie bersama Wabup Bojonegoro itu.

Tampak hadir, Sekretaris Daerah Dra Hj Nurul Azizah,M.Si, Asisten I Pemkab Bojonegoro Djoko Lukito, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Amir Sahid dan Peserta yang terdiri dari 28 Kecamatan.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read