Uncategorized

Dawn Desak Negara-Negara Arab Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

rakyatnesia.com – Kelompok hak asasi manusia Democracy for the Arab World Now (Dawn) mengajukan desakan kepada Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel yang saat ini tengah melakukan serangan di Gaza, Palestina.

Sarah Leah Whitson, Direktur Eksekutif Dawn, menyoroti UEA dan negara-negara Arab yang menandatangani Perjanjian Abraham (Abraham Accords), mendesak mereka untuk bertanggung jawab atas peran mereka yang dianggap memperkuat tindakan Israel dalam serangan terhadap warga Palestina.

“Ketaatan yang terus menerus terhadap Perjanjian Abraham menandakan bahwa UEA dan negara-negara lain yang menandatangani perjanjian ini masih mendukung Israel dan memberikan penghargaan kepada Israel dengan komitmen untuk pengembangan ekonomi, perdagangan, dan yang paling mengejutkan koordinasi militer,” ujar Sarah Leah Whitson seperti dikutip dari Middle East Eye.

Dawn juga meminta semua negara Arab yang memiliki pangkalan militer Amerika Serikat (AS) untuk secara terbuka menyatakan bahwa mereka tidak akan mengizinkan AS menggunakan pangkalan tersebut untuk memasok senjata atau memberikan perlindungan kepada pasukan Israel selama konflik di Gaza.

Perjanjian Abrahan merupakan perjanjian yang dilakukan demi menjaga dan memperkuat perdamaian di seluruh dunia, terutama Timur Tengah.

Salah satu negara yang memutuskan melakukan normalisasi hubungan adalah UEA dengan Israel pada Agustus 2020 yang ditengahi Amerika Serikat.

Namun, normalisasi hubungan diplomatik antara UEA dan Israel dianggap semakin melemahkan soliditas dukungan negara-negara Arab dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka.

Sebab itu, serangan Israel ke Palestina tidak bisa dikesampingkan di tengah upaya Israel untuk memperbaiki hubungan dengan negara-negara Arab.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button