Cangkrukan Kamtibmas Presisi Polsek Ngraho, Digelar Di Baldes Pandan, Ngraho

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Polsek Ngraho yang berada di wilayah Polres Bojonegoro kembali menggelar Cangkrukan Kamtibmas Presisi. Kali ini, kegiatan digelar di Balai Desa Pandan, Kecamatan Ngraho, Bojonegoro, Rabu (9/11/2022).

Hadir, Kapolsek Ngraho AKP H Mochtarom, Camat Ngraho Masirin, Danramil Ngraho Kapten Inf Joss Ari diwakili oleh Batuud Serka Hari Purwanto, Kepala desa Pandan Dahlan, Kepala Desa Tanggungan Saedan, para perangkat desa, Ketua BPD, LPMD, tokoh masyarakat, tokoh agama serta undangan lainnya.

Acara Cangkrukan Kamtibmas Presisi ini juga sebagai wujud sinergitas antara TNI, Polri, instansi pemerintah dengan lapisan masyarakat untuk menjadikan situasi kamtibmas di wilayah Bojonegoro ini menjadi aman dan kondusif.

Kegiatan Cangkrukan Kamtibmas Presisi Polsek Ngraho kali ini, bekerjasama dengan 4 (empat) desa yakni, Pemerintah Desa (Pemdes) Pandan, Tanggungan, Kalirejo dan Tapelan. Kegiatan mengusung tema “Silaturahmi Forpimcam dan tokoh masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk menciptakan situasi Kamtibmas yg aman dan kondusif”.

Kapolsek Ngraho AKP H. Mochtarom mengatakan bahwa pihaknya prihatin dengan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di wilayah Kecamatan Ngraho, yang dilintasi jalur jalan nasional dari Bojonegoro – Ngawi tersebut.

Baca Juga  Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Polres Bojonegoro Gelar Do’a Bersama Anak Yatim

“Sebenarnya kecelakaan yang terjadi itu 80 persen diakibatkan oleh faktor manusianya (human error) dan hanya 20 persen dari faktor lain. Terutama, adanya pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas, termasuk anak di bawah umur yang belum memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi),” ungkap Kapolsek Ngraho, AKP H. Mochtarom, Rabu (9/11/2022).

Lanjut H. Mochtarom, pihaknya sudah menyampaikan hal itu ke para siswa saat ada kegiatan penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah SMP, SMA dan SMK yang ada di wilayahnya. Tak hanya anak saja, para orang tua juga diberikan peringatan itu, di saat acara Cangkrukan Kamtibmas seperti ini.

Masih menurut AKP H Mochtarom, masyarakat harus berhati-hati jika menggunakan media sosial (medsos) agar tidak terjerat UU ITE. Pasalnya, akhir-akhir ini, banyak masyarakat yang menyakahgunakan android yang dipegangnya untuk “buly” seseorang kemudian dilaporkan dan akhirnya harus masuk penjara.

“Saat ini, kita sudah memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024. Kondisi menawarkan calon presiden sudah berjalan dan terkadang banyak yang menggunakan berbagai cara termasuk kampanye terselubung menggunakan kedok agama sehingga masyarakat harus mewaspadainya,” ungkapnya.

Baca Juga  Polsek Ngraho Gelar Cangkrukan Kamtibmas Presisi, di Baldes Tanggungan

Ditambahkannya, perlu diwaspadai faham radikal yang ingin mengubah NKRI menjadi Negara Khilafah. Segera laporkan ke Bhabinkamtibmas atau ke Polsek jika masyarakat mengetahui ada kegiatan tersebut di wilayah hukum Polsek Ngraho ini,

Sementara itu, Camat Ngraho Masirin dalam kata sambutanya menyampaikan bahwa pihak Forpimcam, yakni, Camat Ngraho, Kapolsek Ngraho dan Danramil Ngraho akan terus bersinergi dengan 16 desa untuk bersama melayani dan membangun wilayah dalam suasana yang aman dan kondusif.

“Pembangunan jalan poros kecamatan dengan rigid beton dan jalan asphal melalui BKKD juga telah diterima oleh pemerintah desa (Pemdes) Pandan dan Desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Ngraho ini. Semoga ke depan kegiatan pembangunan akan semakin meningkat sehingga masyarakat dapat merasakan hasil pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Bojonegoro selama ini,” kata Camat Ngraho Masirin menegaskan.

Lanjut Masirin, setelah jalan dibangun nantinya akan dilanjutkan dengan drainase atau saluran air sehingga diharapkan agar masyarakat jangan membangun warung atau kios di atas saluran air. Jika ada yang nekad membangun maka pihaknya bekerjasama dengan Satpol PP Bojonegoro akan melaksanakan penertiban hingga mengarah pada pembongkaran.

Baca Juga  Polsek Ngraho Salurkan Paket Beras Kepada Warga Kurang Mampu dan Terdampak Covid-19, di Wilayahnya

“Kami ingin pembangunan berjalan dengan baik dan pasca dibangun juga dijaga dan di rawat dengan baik pula karena itu asset daerah yang berarti juga milik watga di wilayan Kecamatan Ngraho yang juga sebagai bagian dari masyarakat Bojonegoro ini,” tegasnya.

Kepala Desa Pandan Dahlan dalam kata sambutnya mengatakan, bahwa atas nama Pemdes Pandan pihaknya menyampaikan selamat datang kepada pelaksana kegiatan Cangkrukan Kamtibmas Presisi yaitu Polsek Ngraho serta undangan lainnya.

“Dengan kegiatan Cangkrukan Kamtibmas Presisi ini, kami berharap adanya sinergitas antara Pemerintah desa dengan Polsek Ngraho beserta Forkopimcam dan juga dengan masyarakat. Sehingga kamtibmas di Desa Pandan ini bisa berjalan dengan baik dan selalu kondusif,” ungkapnya.

Lanjut Dahlan, agar apa yang disampaikan oleh Kapolsek Ngraho, Camat Ngraho dan Batuud Koramil Ngraho tadi bisa dipahami dan dilaksanakan karena semua itu demi kebaikan bersama.

**(Kis/Yan/Red).

Bagikan

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Post