Shayne Pattynama, Bek Timnas Indonesia, Gagal Melanjutkan Tren Positif Bersama Viking FK

Panjoel Kepo

Shayne Pattynama, Bek Timnas Indonesia, Gagal Melanjutkan Tren Positif Bersama Viking FK
Bagikan

rakyatnesia.com – Shayne Pattynama, yang merupakan bek sayap dari Timnas Indonesia, mengalami kegagalan dalam menjalani tren positifnya ketika timnya, Viking FK, mengalami kekalahan dalam pertandingan melawan Tromso, klub asal Norwegia.

Pertandingan tersebut merupakan bagian dari lanjutan liga utama Norwegia, Eliteserien, dalam musim 2023/24, pada pekan ke-25, yang digelar pada Senin (23/10/2023) dini hari waktu Indonesia Barat. Arena pertandingan kali ini adalah SR-Bank Arena.

Dalam hal posisi klasemen, Viking FK sebenarnya berada dalam posisi yang lebih baik dibandingkan dengan Tromso. Klub yang diperkuat oleh Shayne Pattynama ini menduduki peringkat kedua dalam klasemen sementara dengan total 52 poin dari 24 pertandingan, sedangkan Tromso menempati posisi keempat dengan raihan 48 poin dari jumlah pertandingan yang sama.

Namun, walaupun memiliki keunggulan klasemen tersebut, Shayne Pattynama dan rekan-rekannya mengalami kesulitan dalam berhadapan dengan pertahanan solid yang dipersembahkan oleh Tromso.

Bahkan bermain di hadapan pendukung mereka sendiri, Viking FK tidak mampu dengan mudah menembus lini pertahanan yang dihadapi dari pihak Tromso.

Secara statistik, Viking FK memegang kendali permainan dengan penguasaan bola yang mencapai 61%. Sedangkan Tromso hanya mengandalkan serangan balik, dan memegang penguasaan bola sebesar 39%.

Tromso juga tercatat hanya melakukan empat tendangan tepat sasaran. Menariknya, empat tendangan tepat sasaran itu semuanya berbuah gol. Keempat gol Tromso dicetak oleh Vegard Erlien (48’, 51’), Niklas Vesterlund (89’) dan Paintsil (90+4’).

Sedangkan Viking Fk tercatat melakukan enam tendangan tepat sasaran, tapi cuma tiga yang berbuah gol. Ketiga gol tersebut dicetak oleh Patrick Yazbek pada menit ke 63’, Sondre Auklend (79’) dan Lars-Jorgen Salvesen (85’).

Kekalahan Viking FK itu dikatakan dramatis, karena mereka sempat membalikkan kedudukan dari yang tertinggal 0-2 menjadi 3-2, tapi kebobolan dua gol di penghujung babak kedua hingga akhirnya kalah 3-4.

Tentu saja, kekalahan Viking FK dari Tromso mencoreng tren positif Shayne Pattynama di atas lapangan. Pasalnya, pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu baru saja menorehkan pencapaian positif bersama Skuad Garuda.

Pemain berusia 25 tahun itu membawa Timnas Indonesia menang secara agregat 12-0 atas Brunei Darussalam pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada putaran pertama. Skor 12-0 itu masing-masing diperoleh dengan skor 6-0 pada leg pertama dan leg kedua.

Bagikan

Also Read