Uruguay Vs Brasil: Performa Gemilang Darwin Nunez, La Celeste Raih Kemenangan

Panjoel Kepo

Uruguay Vs Brasil: Performa Gemilang Darwin Nunez
Bagikan

rakyatnesia.com – Dalam pertandingan menghadapi Brasil, Darwin Nunez berhasil tampil gemilang. Dengan satu gol dan satu assist yang dibukukan oleh Nunez, La Celeste mampu meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0.

Pertandingan dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan yang berlangsung di Estadio Centenario pada hari Rabu, 18 Oktober 2023, pagi waktu Indonesia Barat, berlangsung sangat seru.

Nunez menjadi bintang dengan mencetak gol pembuka bagi Uruguay pada babak pertama pertandingan. Sementara di babak kedua, Nicolas de la Cruz berhasil menggandakan keunggulan bagi timnya.

Kemenangan ini membawa Uruguay naik ke posisi kedua dalam klasemen sementara, dengan mengumpulkan tujuh poin dari empat pertandingan yang telah dijalani.

Mereka unggul dalam produktivitas perolehan poin atas Brasil yang berada di posisi ketiga, namun juga mengumpulkan jumlah poin yang sama.

Jalannya pertandingan Uruguay vs Brasil

Babak Pertama

Brasil coba mengambil inisiatif serangan sejak menit awal dengan menekan pertahanan Uruguay. Menurunkan Neymar, Gabriel Jesus, Rodrygo, dan Vinicius Junior, Brasil ingin mencari gol secepatnya.

Tapi pertahanan Uruguay yang kukuh membuat Brasil kesulitan menembusnya. Sekalipun mendominasi penguasaan bola, Brasil tidak pernah sampai ke kotak penalti Uruguay.

Tidak ada satu pun tembakan yang dibuat ke gawang oleh kedua tim sampai pertandingan berjalan setengah jam. Kebuntuan akhirnya pecah tiga menit sebelum turun minum.

Adalah Uruguay yang mencetak gol lewat Darwin Nunez yang menuntaskan serangan dari sisi kiri, dengan sundulannya ke tiang dekat gawang Ederson, setelah menerima umpan silang Maximiliano Araujo.

Gol itu sempat ditinjau VAR karena ada potensi offside sebelum akhirnya disahkan. Derita Brasil bertambah setelah mereka kehilangan Neymar di akhir injury time babak pertama.

Neymar mengerang kesakitan dan memegangi lututnya usai ditekel Nicolas de la Cruz. Richarlison masuk menggantikan kompatriotnya itu.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Brasil masih menguasai laga dan terus menekan pertahanan Uruguay untuk mencari gol. Tapi, lagi-lagi lini serang mereka buntu mencari ruang untuk setidaknya menciptakan peluang.

Satu kans didapat Rodrygo pada menit ke-69 ketika free kick dari jarak 25 yard mampu melewati pagar hidup, meski akhirnya cuma menerpa mistar gawang Sergio Rochet.

Keasyikan menyerang, pertahanan Brasil terbuka dan membuat Uruguay bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-77. Nunez kali ini jadi arsiteknya setelah menerima umpan lemparan ke dalam dan melewati Gabriel Magalhaes di sisi kiri kotak penalti.

Umpan pendek kemudian dilepaskan Nunez dan disambar Nicolas de la Cruz ke gawang Ederson untuk membuat skor jadi 2-0.

Tertinggal dua gol membuat Brasil kesulitan mengejar Uruguay. Tuan rumah langsung memasukkan Matias Vecino dan Matias Vina untuk memperkuat pertahanan demi mengamankan keunggulan. Hingga laga berakhir Uruguay tetap menang 2-0.

Susunan pemain

Uruguay: Sergio Rochet; Nahitan Nandez (Bruno Mendez 68′), Ronald Araujo, Sebastian Caceres, Mathias Olivera (Matias Vina 84′); Federico Valverde, Manuel Ugarte, Nicolas de la Cruz; Facundo Pellestri (Joaquín Piquerez 88′), Darwin Nunez, Maximiliano Araujo (Matias Vecino 87′).

Brasil: Ederson; Yan Couto (David Neres 73′), Marquinhos, Gabriel Magalhaes, Carlos Augusto (Guilherme Arana 77′); Casemiro, Bruno Guimaraes (Raphael Veiga 84′); Rodrygo, Neymar (Richarlison 45′), Vinicius Junior (Matheus Cunha 84′); Gabriel Jesus.

Bagikan

Also Read