Nathan Tjoe-A-On Menyaksikan Pertandingan Indonesia vs Brunei, Rencana Naturalisasi Terkuak

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Ketika Timnas Indonesia bersaing melawan Brunei Darussalam dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, kita bisa melihat Nathan Tjoe-A-On dengan penuh semangat menyaksikan pertarungan tim Garuda tersebut.

Nathan Tjoe-A-On membagikan momen tersebut melalui Insta Story-nya, dan dalam momen tersebut, kita juga melihatnya bertemu dengan Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, serta Presiden Joko Widodo.

Tentu, kehadiran Nathan di pertandingan Indonesia vs Brunei tidak lepas dari fakta bahwa ia adalah salah satu pemain yang akan dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, dan Erick Thohir sama-sama memberikan sinyal positif terkait proses naturalisasi Nathan yang saat ini bermain untuk Swansea City.

Shin Tae Yong bahkan mengungkapkan bahwa proses naturalisasi Nathan sedang berjalan dengan baik, meskipun ia menginginkan berkomunikasi lebih lanjut dengan Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, untuk membahas lebih lanjut tentang proses tersebut.

Erick pun menyatakan niat totalitas Nathan dalam membela Tim Merah Putih.

“Dia serius [bersedia memperkuat Timnas Indonesia]. Kalau enggak, enggak datang dia sama bapaknya. Kalau enggak, enggak dikenalin sama Presiden,” terang Erick mengenai kehadiran Nathan di SUGBK.

Erick menjelaskan kehadiran pemain-pemain naturalisasi tak lepas dari keinginan menembus Piala Dunia 2026 yang menghadirkan jatah hingga delapan timnas dari kawasan Asia.

“Kita memerlukan 2×11 pemain tim senior yg sama levelnya. Kalau kita mau terus lebih baik lagi karena kompetisi akan makin tinggi, pertandingan akan makin berat, semua negara juga ingin [masuk Piala Dunia],” ucap Erick.

“Karena, ingat, jatah Asia kan 8 setengah. Siapa yang enggak kepingin,” ucapnya menambahkan.

Saat ini, di bawah kendali STY, Indonesia memiliki sederet pemain naturalisasi yang kerap dimainkan seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Rafael Struick, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Marc Klok, dan Elkan Baggott.

Sementara belakangan santer pula nama lain yang juga diincar menjadi penggawa Timnas Indonesia yakni Jay Idzes.

Bagikan

Also Read