Kapolsek Purwosari , Pimpin Pengamanan Pawai Ta’aruf dan Manasik Haji TK dan SDIT An Nuur

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Memperingati Tahun baru Islam 1438 Hijriyah yang bertepatan dengan tahun 2016, Taman Kanak-kanak (TK) dan SDIT An Nuur Purwosari, Bojonegoro, Jawa Timur, mengadakan Pawai Ta’aruf dan manasik haji, Selasa (11/10/2016).

Pawai ta’aruf dimulai pukul 7.00wib dengan start di depan TK Islam An Nuur dan finish di Lapangan Bina Pemuda yang berada di Dusun Sambong, Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari, Bojonegoro. Usai pawai ta’aruf, peserta sebanyak 450 anak itu, melaksanakan kegiatan Manasik haji, dengan dibagi 14 kloter (kelompok terbang).

Pembina Yayasan Pendidikan An Nuur Purwosari Misbachul Jannah,S.Pd.AUD kepada rakyatnesia.com mengatakan, kegiatan pawai ta’aruf bertujuan untuk menyambut datangnya tahun baru islam 1 Muharram 1438 H. Untuk kegiatan manasik haji bertujuan mengenalkan tata cara ibadah haji kepada anak-anak, agar mereka mengenal tentang ibadah yang merupakan rukun islam yang ke lima itu.

“Pawai Ta’aruf, untuk menyambut datangnya tahun baru Islam 1438 H. Agar anak-anak mengenal tahun baru ummat Islam yang menjadi agama yang dianutnya itu. Tentang manasik haji, tentu untuk mengenalkan lebih dini, tentang bagaimana syarat dan rukun ibadah haji,” ungkapnya.

Kegiatan Pawai Ta’aruf tersebut, membutuhkan pengamanan yang cukup ekstra dan penuh ketlatenan serta kesabaran. Pasalnya, ta’aruf alias pawai tersebut dilaksanakan oleh anak-anak yang masih duduk di Taman Kanak-kanak dan Sekolah dasar (SD). Kalau tidak ekstra ketat, bisa jadi anak-anak akan keluar dari barisan dan berjalan di tengah jalan raya dan itu sangat membahayakan keselamatan mereka.

Adalah Kapolsek Purwosari AKP Teguh Soesilo, yang memimpin langsung pengamanan dan berbaur bersama pawai ta’aruf itu. Dengan dibantu beberapa personil Polsek Purwosari, pihaknya dengan penuh kesabaran mengamankan kegiatan Pawai Ta’aruf dan Manasik haji anak-anak TK dan SDIT An Nuur tersebut.

“Ini tugas pengamanan yang harus kami laksanakan beserta anggota. Kalau bicara ekstra hati-hati, perlu ketlatenan dan kesabaran ya itu pasti sebab kita sedang mengamankan dan mengawal pawai ta’aruf anak-anak TK dan SD. Alhamdulillah, kami berhasil menyelesaikan pengamanan kegiatan tersebut, sehingga acara berjalan aman, tertib dan lancar,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan rakyatnesia.com di lapangan menyebutkan, kegiatan pawai ta’aruf yang start pukul 07.00 wib, dilanjutkan dengan manasik haji itu berakhir pukul 11.00 wib. Sebanyak 450 peserta yang terdiri dari anak-anak TK dan SD itu, sangat menyukai kegiatan tersebut dan kegiatan berhasil diselesaikan dengan baik dalam kondisi aman, tertib dan lancar. **(Yanto/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar